Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsite pada Materi Pancasila Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8568Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis microsite untuk materi Pancasila pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Richey dan Klein yang meliputi tiga tahap: desain, produksi, dan evaluasi. Analisis kebutuhan fungsional dan non-fungsional dilakukan untuk menentukan elemen-elemen penting dalam pembuatan microsite. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa microsite ini sangat valid dengan nilai persentase masing-masing di atas 90%. Penggunaan microsite dalam pembelajaran memberikan beberapa keunggulan seperti kemudahan akses, fleksibilitas, dan kemampuan untuk menyajikan media lain yang mendukung proses belajar. Uji coba pada 20 siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, terlihat dari perbandingan skor pretest dan posttest. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan microsite dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pancasila, memotivasi mereka untuk belajar, dan menyediakan pengalaman belajar yang lebih terstruktur dan menarik. Oleh karena itu, penerapan teknologi dalam pendidikan, khususnya melalui media microsite, merupakan langkah penting untuk memajukan sistem pembelajaran yang adaptif dan inovatif.
Keywords:
microsite, pendidikan Pancasila, media pembelajaran, sekolah dasarDownloads
References
Arifiyani, F. C., & Pramaditya, H. (2023). Peningkatan efektivitas pemasaran pada usaha retail melalui digitalisasi katalog dengan microsite. Journal of Information System and Application Development, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.26905/jisad.v1i1.9860
Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Chumdari, C., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2023). Pelatihan Integrasi Model Pembelajaran dalam Learning Management System (LMS) berbasis Project untuk Meningkatan Kompetensi Pedagogi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(2), 412. https://doi.org/10.33394/jpu.v4i2.7694
Divina, A., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pelatihan Pembuatan S.ID Web Profile Terintegrasi Metaverse Sebagai Alternatif Digitalisasi Belajar Era Pendidikan 5.0. Jurnal SOLMA, 12 (3). https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.1
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Magdalena, M. (2018). KESENJANGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN CONVENTIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PANCASILA DI PROGRAM STUDI TEKNIKA AKADEMI MARITIM INDONESIA. Jurnal Dharmawangsa, 58. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i58.389
Pradana, R., Sulton, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Mobile Learning Seni Budaya Materi Konsep Budaya, Seni, dan Keindahan Untuk Siswa Kelas X SMKN 1 Turen Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 89–96. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p089
Rodenayana, E., Worowirastri Ekowati, D., & Pudji Astutik, P. (2023). MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MEDIA MICROSITE DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 703–711. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7622
Sahidun, N., & Umaternate, F. (2019). TEORI BELAJAR KONEKSIONISME DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 10(1), 25. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v10i1.110
Suparno, S., & Alfikar, G. (2019). IMPLEMENTASI UUD NKRI 1945 PASAL 31 AYAT 1 MELALUI PENGENTASAN BUTA AKSARA PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT GENERASI SEHAT DAN CERDAS (PNPM-GSC) TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DIDESA TAWANG SARI KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 159–167. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i2.555
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Hayu, Oktaviani Adhi Suciptaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work