Profil Pemahaman Guru Tentang Media Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6303Abstract
Penelitian ini menyelidiki pentingnya pemahaman guru sekolah dasar terhadap media pembelajaran dalam konteks pendidikan modern. Pemahaman guru tentang media pembelajaran menjadi faktor kunci dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di tingkat dasar. Dalam era di mana teknologi dan media digital memegang peranan penting, guru yang mahir dalam penggunaan media pembelajaran dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan relevan bagi siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, dengan melibatkan 23 guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, mayoritas guru memiliki pemahaman yang baik hingga sangat baik tentang media pembelajaran. Namun, terdapat variasi dalam pemahaman guru terkait aspek-aspek khusus media pembelajaran seperti jenis-jenis media dan penggunaannya.Pemahaman guru tentang media pembelajaran bukan hanya tentang mengenal berbagai alat atau teknik media, tetapi juga tentang bagaimana mengintegrasikan media tersebut secara efektif ke dalam pembelajaran, mengkustomisasi penggunaannya sesuai dengan kebutuhan siswa, dan memaksimalkan potensi media tersebut untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.
Keywords:
pemahaman guru, media pembelajaranDownloads
References
Azizah, S. N. (2021). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1).
Batubara, H.H. (2020) Konsep Dasar Media Pembelajaran. Semarang: Fatwa.
Felianti, E. S., Sae, H. L. ., & Indarini , E. . (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Meta-analisis. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 158–164. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.136
Kawuryan, S. P. (2011). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya. Tersedia pada http://staffnew. uny. ac. id/upload/132313274/pengabdian/KARAKTERISTIK+ DAN+ CAR A+ BELAJAR+ SISWA+ SD+ KELAS+ RENDAH. pdf.(diakses tanggal 17 April 2018).
Kusuma, R. D. F. D., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Multimedia pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 191-199.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.
Miftah, M. (2022). Optimalisasi pembelajaran menggunakan media berbasis TIK. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 266-274.
Mubarok, I. (2022). Media Audiovisual Pada Pembelajaran IPA Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 208–218. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.200
Mustika, Z. (2015). Urgenitas media dalam mendukung proses pembelajaran yang kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).
Nahdi, D. S., Cahyaningsih, U. ., Jatisunda, M. G. ., Suciawati, V., & Sofyan, D. . (2022). Pre-service elementary teacher’s digital literacy with cognitive style and self-regulated learning. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i1.1862
Rakhman, A. F. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Bagi Siswa Kelas IV SD. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.203
Ramlah, R. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2).
Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474
Utami, R. P. (2017). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Dharma Pendidikan, 12(2), 62-81.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.
Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 75-â.
Zulvira, R., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846-1851.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Netri, Zaka Hadikusuma Ramadan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work