Profil Pemahaman Guru Tentang Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Netri Riau Islamic University
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Riau Islamic Of University, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6303

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pentingnya pemahaman guru sekolah dasar terhadap media pembelajaran dalam konteks pendidikan modern. Pemahaman guru tentang media pembelajaran menjadi faktor kunci dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di tingkat dasar. Dalam era di mana teknologi dan media digital memegang peranan penting, guru yang mahir dalam penggunaan media pembelajaran dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan relevan bagi siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, dengan melibatkan 23 guru sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, mayoritas guru memiliki pemahaman yang baik hingga sangat baik tentang media pembelajaran. Namun, terdapat variasi dalam pemahaman guru terkait aspek-aspek khusus media pembelajaran seperti jenis-jenis media dan penggunaannya.Pemahaman guru tentang media pembelajaran bukan hanya tentang mengenal berbagai alat atau teknik media, tetapi juga tentang bagaimana mengintegrasikan media tersebut secara efektif ke dalam pembelajaran, mengkustomisasi penggunaannya sesuai dengan kebutuhan siswa, dan memaksimalkan potensi media tersebut untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.

 

Keywords:

pemahaman guru, media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, S. N. (2021). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1).

Batubara, H.H. (2020) Konsep Dasar Media Pembelajaran. Semarang: Fatwa.

Felianti, E. S., Sae, H. L. ., & Indarini , E. . (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Meta-analisis. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 158–164. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i3.136

Kawuryan, S. P. (2011). Karakteristik Siswa SD Kelas Rendah dan Pembelajarannya. Tersedia pada http://staffnew. uny. ac. id/upload/132313274/pengabdian/KARAKTERISTIK+ DAN+ CAR A+ BELAJAR+ SISWA+ SD+ KELAS+ RENDAH. pdf.(diakses tanggal 17 April 2018).

Kusuma, R. D. F. D., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Multimedia pembelajaran matematika interaktif berbasis komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 191-199.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732-741.

Miftah, M. (2022). Optimalisasi pembelajaran menggunakan media berbasis TIK. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 266-274.

Mubarok, I. (2022). Media Audiovisual Pada Pembelajaran IPA Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 208–218. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.200

Mustika, Z. (2015). Urgenitas media dalam mendukung proses pembelajaran yang kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Nahdi, D. S., Cahyaningsih, U. ., Jatisunda, M. G. ., Suciawati, V., & Sofyan, D. . (2022). Pre-service elementary teacher’s digital literacy with cognitive style and self-regulated learning. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i1.1862

Rakhman, A. F. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Subtema Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku Bagi Siswa Kelas IV SD. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i1.203

Ramlah, R. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2).

Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.56916/ijess.v2i2.474

Utami, R. P. (2017). Pentingnya Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Dharma Pendidikan, 12(2), 62-81.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78.

Zain, A. A., & Pratiwi, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 75-â.

Zulvira, R., Neviyarni, N., & Irdamurni, I. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1846-1851.

Downloads

Abstract Views : 825
Downloads Count: 299

Published

2023-10-01

How to Cite

Netri, N., & Ramadan, Z. H. (2023). Profil Pemahaman Guru Tentang Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1832–1839. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6303

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.