Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Kerja Sama Ekonomi Internasional Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Nurfaiz Subaktiyo Universitas Negeri Surabaya
  • Norida Canda Sakti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5870

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) pada materi kerja sama ekonomi internasional di kelas XI IPS SMA. Penelitian ini menggunakan desain Pra-Eksperimen dengan rancangan One Groups Pre-test–Post-test Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 di SMA Negeri 3 Surabaya. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung pada Bulan Mei. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam minat belajar siswa sebelum dan setelah diberikan perlakuan menggunakan model PBL. Sebelum pemberian treatment (Pre-test), rata-rata minat belajar siswa berada pada kategori tidak berminat dengan nilai 45,91. Namun, setelah diberikan treatment (Post-test), rata-rata minat belajar siswa meningkat menjadi 84,39 dan berada pada kategori berminat. Hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test juga menunjukkan bahwa penerapan model PBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa SMA pada materi kerja sama ekonomi internasional. Hasil penelitian ini memberikan bukti kuat bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat menjadi alternatif yang relevan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik dan efektif di bidang ekonomi serta mata pelajaran lainnya di tingkat SMA.

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Minat belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73.

Az Zahra & Widiyanto. (2015). Analisis Deskriptif Dalam Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Oleh Guru Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Sliyeg Kabupaten Indramayu 4(2), 586–602.

Darajaad, R., & Fitrayati, D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Dan Jam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben …. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/16977

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Issn, 1(2), 113–122.

Idris, I. S., Bahri, A., & Putriana, D. (2018, June). Pemberdayaan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran biologi melalui PBL. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (pp. 647-651).

Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457.

Istiatutik. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 135–139. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1699

Khusnah, M., Tuken, R., & Lukman. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Blok Pecahan Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Tiga Di. Pinisi, 1(2), 124–131.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan model problem based learning. Research Gate, 13(2), 106–112. https://ejournal.upi.edu/index.php/metodikdidaktik/article/view/9500/6086

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan the Application of the Problem-Based Learning Model To Improve the Students Critical Thinking. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Novanto, W. A., Reffiane, F., & Karsono, K. (2022). Penerapan Model PBL Berbantu Media Interaktif untuk Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa IIIB SD Supriyadi Semarang. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 61-68.

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22.

Purwanto, W., W, T. D. R. W., & Hariyono. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 1(9), 1700–1705.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68-74.

Rahmat, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144–159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

Saguni Fatimah. (2020). Penerapan Teori Konstruktivis Dalam Pembelajaran. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Tyas, R. (2017). Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Tecnoscienza, 2(1), 43–52. https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/26/20

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 406-411.

Zaduqisti, E. (2010). Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi). In Forum Tarbiyah (Vol. 8, No. 2).

Downloads

Abstract Views : 3514
Downloads Count: 969

Published

2023-08-19

How to Cite

Subaktiyo, N., & Sakti, N. C. (2023). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Materi Kerja Sama Ekonomi Internasional Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1416–1423. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5870

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.