Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6313Abstract
Kemampuan penalaran yang menentukan saat ini merupakan salah satu sudut pandang yang penting dalam kemajuan individu pada masa berlangsungnya data dan informasi, dimana PBL merupakan suatu teknik pembelajaran yang diperoleh dengan memahami suatu permasalahan dan mengorganisasikan tujuan dari permasalahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kehidupan sehari-hari. mengembangkan langkah lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang penerapan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. adapun metode penelitian yang di gunakan adalah peneliat kualitatif Dengan jenis penyelidikan kontekstual, para ahli berusaha mengungkap keanehan yang terjadi di Mts Azzainiyah 1 yang dapat digunakan untuk mengevaluasi penerapan metode PBL dalam mengembangkan lebih lanjut kemampuan penalaran tegas siswa. Menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan temuan penelitian ini. di Mts Azzainiyah 1 yaitu ada sembilan penerapaan antara lain, Pembagian kelompok, Mengorganisikan siswa untuk belajar, Membagi modul kepada siswa, Membimbing dan mengembangkan hasil karya, Orientasi siswa pada masalah actual dan otentik, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya diskusi, Menilai keterampilan diskusi dan presentasi, Menganalis proses pemecahan masalah, Menyimpulkan hasil proses belajar. Dengan Adanya Pembelajaran problem based learning siswa telah muncul keberanian untuk mengungkapkan pengetahuannya ada feed back yang baik, siswa jugak mulai aktif bahkan mulai berpikir kritis. Berpikir kritis yang di lakukan oleh siswa Mts Azzainiyah 1 digambarkan dengan mengajukan pertanyaan dan permasalahan yang bermakna, memperkenalkan dengan jelas, mengumpulkan dan menilai data yang relevan, memanfaatkan pemikiran yang dinamis, reseptif, dan menyampaikan secara nyata di dalam kelas dan di luar ruang belajar.
Keywords:
problem based learning, Siswa, Berpikir kritis siswaDownloads
References
Alsaleh, N. J. (2020). Teaching Critical Thinking Skills : Literature Review. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(1), 21–39.
Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Fadillah, J. (2022). Studi Literatur : Pemanfaatan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PKn Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4460–4468. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2795
Fatriani, E., & Sukidjo, S. (2018). Efektivitas metode problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan sikap sosial siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20089
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 597–602.
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Formal Dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 190–207.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Irawari Pradifta, Yeni Suryaningsih, I. A. (2023). Pedagogi biologi. 01(01), 35–45.
Jenah, R., Wahdah, N., & Syar, N. I. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Secara Daring Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 178–184. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/680
John Butterworth, Geoff Thwaites 2013.pdf. (n.d.).
Johnson, & B, E. (2007). contextual teaching & learning (printing 3). bandung mlc.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh Model Pbl Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7713
Laksmiwati, Y. W. S. H. laksmiwati, & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Yohana Wuri Satwika Hermien Laksmiwati Riza Noviana Khoirunnisa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3, 7–12.
Prasetyo, I. A., Harimurti, R., Baskoro, F., & Rakhmawati, L. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Di Smk Rajasa Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 10(03), 19–28. https://doi.org/10.26740/jpte.v10n03.p19-28
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Ratana Subha Tusitadevi, & Suhandi Astuti. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Inventa, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528
Rusli, F., Ambarwati, L., & Hakim, L. El. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Meminimalkan Perilaku Prokrastinasi Akademik Menggunakan Model Problem Based Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 11. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8250
Salim, A., Santosa, S., & Fatmawati, U. (2015). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Bio Pedagogi, 4(2), 15–19.
Santika, I., Parwati, N. N., Divayana, D., Kunci, K., Pemecahan, K., Matematika, M. ;, Pembelajaran, M., Masalah, B., Prestasi, ;, & Matematika, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 105–117.
Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602
Setiawan, I. (2022). Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di. In Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI) (Vol. 4, Issue 1).
Suryani, Y., Nurjannah, N., Trisno Iskandar, I., Rokayah, O., & Udy Prasetyo, I. (2023). Penerapan Lesson Study Dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(3), 1. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17345
Suryaningsih, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Decision Making pada Konsep Sistem Reproduksi. Jurnal Bio Educatio, 4(1), 20–26.
Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 57. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.807
Wahyuningtyas, D. A., Rohmanurmeta, F. M., & Widyastuti, S. (2023). Efektivitas Model Problem-Based Learning Berbantu Lkpd Etnosains Ponorogo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5050. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7522
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C Di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.
Yuni, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Candipuro Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017). Journal of Chemical Information and Modeling, 1–51.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdullah, Faizatul Munawwaroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work