Optimalisasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

Authors

  • Abdurrahman Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Moh. Marsuki Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5587

Abstract

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi dalam lembaga pendidikan memiliki beberapa fungsi dan peranan dalam mensukseskan lembaga yang dikelolah melalui beberapa strategi, metode, model pembelajaran maupun optimalisasi yang harus dilakukan guna meningkatkan prestasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi kepala sekolah dalam meningkatkan pretasi siswa SMA Tunas Luhur. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai pendekatan pengumpulan data dalam penelitian ini. Sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman untuk reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Optimalisasi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMA Tunas Luhur dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa sebagai berikut. Pertama, menumbuhkan minat siswa dalam membaca melalui tersedianya perpustakaan yang memiliki beberpa koleksi buku mulai dari mata pelajaran, buku fiksi dan lainnya. kedua, menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan siswa dalam menunjang kesuksesan meraih prestasi belajar. Ketiga, memberi motivasi terhadap siswa dan juga pendidik. Keempat, mengalokasikan sumber daya manusia yang ada. Kelima, mengadakan evaluasi terkait perolehan prestasi siswa dalam belajar.

Keywords:

Optimalisasi, Kepala Sekolah, Prestasi Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Afif, A. (2021). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 107-130. https://Doi.Org/10.37812/Fatawa.V2i1.392.

Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi manajemen hubungan masyarakat dan sekolah (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 103-126.

Arifin, M. Z. (2022). Strategi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Ma’arif NU Garum Blitar. Jurnal Al-Hikmah, 10(1), 32-44.

Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam (e-Journal), 8(2), 246-270.

Chotimah, C., & Nisa, K. (2019). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MA Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 125-128).

Creswell, J. C. (2017). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development, 8(1), 231-231.

Hikami, A., Nurbayani, E., & Gianto, G. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Non-Akademik di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1), 35-44. https://doi.org/10.21093/Jtikborneo.V2i1.3205.

Mayasari, E., & Syarif, M. (2018). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 141-164.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Muali, C., & Rohman, F. (2023). Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Aspek Literasi Siswa Melalui Perpustakaan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 42-47. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i1.4151.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal studi komunikasi dan media, 15(1), 128-137.

Mulyasa. (2013). Menjadi Kepala Madrasah Professional,. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nai, H., & Wijayanti, W. (2018). Pelaksanaan tugas dan fungsi kepala sekolah pendidikan menengah negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 183-192. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V6i2.10182.

Nurstalis, N., Ibrahim, T., & Abdurrohim, N. (2021). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam‎ Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Islam Cendekia‎ Cianjur. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 6(1), 63-76. Https://Doi.Org/10.15575/Isema.V6i1.6579.

Saputra, F. (2021). Sejarah pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam di indonesia. Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 98-108.

Sugiono. (2012). Metode Penellitian Kuantitatif R&D. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surbakti, A. B., Rahayu, S. P., PA, S. M. B., & Ginting, R. B. (2020). Sistem Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Penentuan Optimasi Ragi Tempe Pada Proses Fermentasi Tempe Kedelai Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus: Pengrajin Tempe Kedelai Desa Bulu Cina). Jurnal Ilmiah Simantek, 4(2), 146-160.

Downloads

Abstract Views : 620
Downloads Count: 311

Published

2023-07-28

How to Cite

Abdurrahman, A., & Marsuki , M. (2023). Optimalisasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1327–1332. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5587

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.