Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Aspek Literasi Siswa Melalui Perpustakaan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4151Abstract
Di era pendidikan 4.0 banyaknya penurunan minat baca siswa dikarenakan beberapa hal, diantaranya berkembangnya IT, tersedianya geogle yang bisa membantu siswa menjawab segala pertanyaaan dan tersedianya beberapa akun media social yang digemari siswa-siswi seperti, Fb, Ig, Wa, Telegram, Line, Twitter dan bebrapa varian game online serta sepak bola sangat berdampak pada minat siswa dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang “Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Aspek Literasi Siswa Melalui Perpus SMA Tunas Luhur”, dengan menggunakan metodelogi penelitian Kualitatif jenis study kasus di SMA Tunas Luhur tahun 2022. instrumen yang peneliti gunakan data dokumen, penggunaan hp dan recorder ketika wawancara berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengembangkan aspek literasi siswa melalui perpustakaan SMA Tunas Luhur ada empat yaitu koleksi buku, program perpustakaan, system dan manajemen penyelenggaraan serta sarana prasarana . Empat cara ini di upayakan oleh kepala sekolah untuk mengembangkan aspek litersai siswa di SMA Tunas Luhur terutama dalam hal membaca..
Keywords:
Kepala Sekolah, Literasi Siswa, Manajemen perpustakaanDownloads
References
Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliteras. PT Refika Aditama.
Ayok, M. (2021). Pentingnya Kualitas Guru dan Keterlibatan Orang tua dalam Meningkatkan Kualitas Siswa. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial Dan Budaya, 4(1), 77–88. https://doi.org/10.53827/lz.v4i1.27
Budiharto, Triyono, S. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153–166.
Dindin, M. S., Solahudin, M., Faizah, I., & Khairani, S. R. (2017). Konsep Mukmin dalam Tafsir Al-Qurán Bi Al-Imla’. Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qurán Dan Tafsir, 2(1), 10–20.
Ijah Rochimah Boru Sagala. (2021). Membangun Minat Membaca Anak Melalui Perpustakaan Sekolah.
Irman syarif, E. (2020). Pengadaan Taman Baca Dan Perpustakaan Keliling Sebagai Solusi Cerdas Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 109–117.
Mahfudh, M. R., & Imron, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SMA Negeri 1 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 16–30. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1138
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–137.
Mutia, P., Atmazaki, & Nursaid. (2018). Implementasi aktivitas literasi di sma negeri batusangkar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(3), 257–266.
Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12–18.
Rohim, Dhina Cahya, and S. R. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237.
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.
Ummami, W., Wandra, D., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1673–1682. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/984
Widodo, A. (2020). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 11–21.
Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67
Zahriani, N., Wahyuni, N. S., Siregar, D. K., & Pane, A. I. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid- 19 di TK Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–109.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chusnul Muali, Fathor Rohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work