Kurikulum Darurat Masa Pandemi dan Capaian Kompetensi Siswa di SDN Pameungpeuk Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4413Abstract
Pandemi COVID-19 mengakibatkan adanya perubahan kurikulum, salah satunya dengan diberlakukannya Kurikulum Darurat sebagai pengganti Kurikulum Tiga Belas (Kurtilas). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum masa pandemic dan capaian pembelajaran siswa SD Pameungpeuk Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu memperoleh gambaran penerapan kurikulum darurat di SD Pameungpeuk Kabupaten Bandung Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah ini adalah kepala sekolah, guru, siswa yang belajar dengan menggunakan Kurikulum Darurat dan orang tua murid. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analis data mendeskripsikan secara mendalam aspek-aspek penerapan penggunaan kurikulum darurat di SD Pameungpeuk Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian adalah pembelajaran daring di SD Pameungpeuk Cisarua Kabupaten Bandung Barat menggunakan metode JARONAH, JARUNGJUNG, JARNASI dan JALURAH untuk meminimalisir hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kesimpulan yang diperoleh adalah penggunaan kurikulum darurat dengan menggunakan metode pembelajaran secara daring berdapak kurang baik terhadap penerapan kurikulum berikutnya, serta berimbas pada sikap dan perilaku peserta didik yang sangat mengalami penurunan secara drastic. Untuk mengoptimalkan pembelajaran dimasa pasca pandemic disarankan untuk menggunakan rancangan model (Discovery/Inquiry Learning) dengan pendekatan humanistic.
Keywords:
Kurikulum Darurat, Masa Pandemi, SDN Pameungpeuk BandungDownloads
References
Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117
Anjelin, A. E., & Purnomo, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 159–163. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i3.236
Fauzi, W. N. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(2), 171–186. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i2.2885
Hamsa Ramadhan, A., Fadillah, H., Khaliza, R., & Nasution, I. (2022). Penerapan Kurikulum Darurat sebagai Strategi Pendidikan dalam Kondisi Pandemic Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 401–407. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2383
Irmawati, I., & Kaltsum, H. U. (2022). Sarana dan Prasarana Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3918–3930. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.1629
Kurniawati, A. et al. (2022). Jurnal Pendidikan Analisis Efektivitas Metode Pembelajaran Daring Di Sd Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 13(1), 51–64.
Nurhasanah. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 pada Kelompok B.5 TK Kemala Bhayangkari Bone. Educhild, 2(2), 58–67. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/nsv42
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan Prasarana dalam Mendukung Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(1), 186–199.
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17-25.36
Ratiwi, R. D., & Sumarni, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(ISSN: 2686 6404), 304–309.
Riyani, R., Sultan, M. A., & Yulia, H. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Pada tingkat Sekolah Dasar Analysis of Students’ Interest in Online Learning during the COVID-19 Pandemic at the Elementary School Level. Pinisi Journal of Education, 1(1), 231–238. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/25841/13037
Sugiyanto, R., Rahmawati, L., Ciciana, M., Fransiska, C., & Ayuningrum, S. F. (2021). Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Daring di SD Lingkungan DAS Desa Pahandut. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(02), 196–204. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i02.138
Ulfadhilah, K. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Efektif Di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia DIni, 5(1), 1–17.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Waska Warta, Rita Sulastini, Neneng Yety Hanurawaty, Entuy Kurniawan, Yosephina Ardiani Septiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work