Media Tangga Pintar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5154Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif media tangga pintar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dan menggunakan desain penelitian One Group pre-test dan post-test dengan sampel peserta didik kelas yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian ini secara klasikal menunjukan bahwa rata – rata nilai post-test peserta didik meningkat setelah menggunakan media pembelajaran tangga pintar dibandingkan dengan rata – rata nilai pre-test. Hal ini terlihat dari 28 anak 75% berubah menjadi 20% yang mendapat nilai dibawah KKM dan 25% berubah menjadi 80% yang mendapat nilai diatas KKM. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis uji N-gain dan uji-t paired sampels statistic dengan bantuan progam SPSS. Hasil analisis data menujukkan bahwa kriteria N-gain sebesar 67,42% menunjukan kategori cukup efektif. Hasil analisis data uji-t menunjukan bahwa thitung = -13,447 ttabel = 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test yang menandakan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media tangga pintar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi pengurangan kelas I SDN Pandeanlamper 01.
Keywords:
Media Tangga Pintar, Matematika, Hasil BelajarDownloads
References
Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138-1146.
Arikunto, S. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Balaweling, F. Y., Mbari, M. A. F., & Yufrinalis, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Panjang melalui Media Tangga Pintar pada Peserta Didik Kelas III SD. Journal on Education, 5(3), 9115-9123.
Dewi, C. C., & Sitompul, H. (2016). Pengaruh Pemberian Umpan Balik Dan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Shooting Siswa Smp Negeri Dikecamatan Langsa Kota. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 9(1), 14-25.
Erviana, V. Y., & Muslimah, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i1.23798
Hakim, A. R. (2021). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika, 4(1), 35-38.
Hartatik, S., & Rahayu, D. W. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Melalui Permainan Tradisional “Lempar Karet” Untuk Mengajarkan Konsep Perkalian Bagi Siswa Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3(2).
Hozainia, H. (2020). Pengembangan Media Petir (Permainan Tangga Pintar) 3d Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).
Kamsurya, R., & Masnia, M. (2021). Desain Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Konteks Permainan Tradisional Dengklaq Untuk Meningkatkan Keterampilan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 67–73. Https://Doi.Org/10.36312/Jime.V7i4.2368
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, L. W. (2021). Media Tangga Pintar (Smart Stair) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Satuan Alat Ukur. Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 3(1), 24–31.
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Prenadamedia Grup.
Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). Implementasi WhatsApp mobile learning untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pokok bahasan Pengenalan Komponen Elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65-69.
Putra, S. H. J. (2021). Effect of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes in Biology. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1063
Rosyid, H., Saputra, H. J., & Prasetyo, S. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran KITATIF (Klik Pintar Edukatif) Berbasis Adobe Flash. Wawasan Pendidikan, 3(1), 327-346.
Suciati, I. (2019). Penggunaan Metode “Satu Gambar, Seribu Kata” Pada Materi Segi Empat. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 9-16.
Suciati, I. (2021). Permainan Ular Tangga Matematika Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A., Yanti, Y. E., Cholifah, T. N., Ningrahayu, A. D. S. R., & Aisatuzahroh, L. Q. (2023). Pendampingan Belajar Ipa Dengan Media Alat Peraga Tangga Pintar Satuan Panjang Di Sdn Ngadilangkung 1. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(2), 129-139.
Wulan, E. R., Rofiqoh, I., Saidah, Z. N., & Puspitasari, D. (2021). Fun with SPLDV: Multimedia Lectora Inspire Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 83-98.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kikit Anggreany Novitasari, Henry Januar, Sri Suneki, Diyah Rahayu Tunjungsari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work