Media Video Pembelajaran Tema Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Farida Retno Hartati Universitas PGRI Semarang
  • Fenny Roshayanti Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso , Universitas PGRI Semarang
  • Yulaikah SD N Plamongansari 02

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4812

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar sub tema 4 pembelajaran hidup bersih dan sehat di tempat umum pada siswa kelas II SD N Plamongansari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan ke dalam pre experimental bentuk one group pretest posstest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, didapatkan sampel penelitian sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Pada penelitian ini kelas II sebagai kelas eksperimen akan diberikan pretest dan posstest dengan menggunakan media video pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh hasil belajar siswa setelah diberikan perlakukan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dari hasil ini ini maka terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar kelas II SDN Plamongansari 02. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah media video pembelajaran tema hidup bersih dan sehat dapat  meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar

Keywords:

Media Video , Tema Hidup Bersih dan Sehat , Hasil Belajar , sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrah, A., Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1) , 47-66 http://Eprints.Unm.ac.id/18650/

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314

Asnur, Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Mimbar Ilmu Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 23 No. 3 (2018). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16435

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Azis, R., Taiyeb, A. M., & Muis, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 461–466. https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnasbio/Article/View/7184

Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru Digital. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 49–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017.

Halim, D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Krisna, N. L. P. G., Rinda, & Abadi, I. B. G. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum berbantuan Media Video Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SDN 2 Dangin Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1261

Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68–77. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233.

Mubarok, I. (2022). Media Audiovisual Pada Pembelajaran IPA Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 208–218. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.200

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Ijpe/Index

Pramesty, P. E., Chasanatun, T. W., & Laksana, M. S. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 823-833. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2898

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Sudiarta, I. dan Sadra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 49,Nomor 2, Juli 2016, hlm. 45-58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/index

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Wuryanti. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).

Yendrita, & Syafitri. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains. v2i1.620

Yildiz, S., & Ersan, Y. (2011). A study on pc - video games in terms of the space awareness from childhood to youth. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 28. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.145

Yudha, Pudjawan, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Matembang Sekar Alit Berbasis Model Direct Instruction DI SMP Negeri 5 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 19–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20198

Zunidar, Z. (2019). Peran guru dalam inovasi pembelajaran. Nizhamiyah, 9(2), 43-53. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/550.

Downloads

Abstract Views : 502
Downloads Count: 217

Published

2023-06-17

How to Cite

Hartati , F. R., Roshayanti, F., Nuroso, H., & Yulaikah, Y. (2023). Media Video Pembelajaran Tema Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 900–905. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4812

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.