Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830Abstract
Sumber belajar untuk mahasiswa terutama mahasiswa PGSD yang berbentuk modul elektronik berbasis software iSpring Suite 9 pada mata Kuliah Konsep Dasar IPA 1 belum ada. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menghasilkan modul elektronik yang menggunakan software iSpring Suite 9 pada mata kuliah Konsep Dasar IPA 1 untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan Model ADDIE. Tahapan Model ADDIE yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 56 mahasiswa Semester II Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. validasi produk dilakukan pada ahli media, dan materi. Sedangkan kemenarikan produk melalui penyebaran angket kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media modul elektronik berbasis software iSpring Suite 9 menunjukkan presentase 82,5 % dengan kategori baik. Pada validasi ahli materi menunjukkan presentase 95,83 % dan termasuk kategori sangat baik. Dan selanjutnya pada aspek kemenarikan melalui angket respon siswa menunjukkan presentase 88 % dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa modul elektronik berbasis software iSpring Suite 9 mempunyai kategori layak dan menarik digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Keywords:
Modul, Elektronik, Software iSpring SuiteDownloads
References
Alfiandra, & Mulyadi, M. (2016). Pengembangan Produk Pembelajaran Melalui Pembelajaran Melalui Media Ispring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMK Negeri 2 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 3(2), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v3i1.4564
Anas, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah (Scientific Thinking) Siswa Sd Tekad Mulia. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, 6(1), 18. https://doi.org/10.5151/cidi2017-060
Anggraini, R., Hendri, M., & Rahmat Basuki, F. (2017). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X. Jurnal Pendidikan, 2. https://repository.unja.ac.id/2145/1/Artikel Ilmiah.pdf
Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Bioeduscience, 1(2), 53. https://doi.org/10.29405/j.bes/53-58121334
Imansari,N. Dan Sunaryatiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terahdap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Untirta/index.php/VOLT, vol 2, No.1, p 11-16
Khairunisa, S. D., Amirullah, G., & Ninawati, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 49-56.
Letchumanan, M. and Ahmad, R. (2010). Utilization of e-book among UniversityMathematics Students. Procedia -Soc. Behav. Sci., vol. 8, no. 5, pp. 580–587
Nasution, S. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Bumi Aksara.
Ninawati, M. (2012). Kajian dampak bilingual terhadap perkembangan kognitif anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Widya, 218706..
Perdana, F. A., Sarwanto, Sukarmin, & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining scince process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Scince and Applied Science, Conference, 45.
Pritakinanthi, A. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Ispring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Viii Smp Negeri 37 Semarang. In lib unnes. lib.unnes.ac.id › 1 › 1102412120%0A
Puspita, A. M. I. (2017). Pengaruh penggunaan bahan ajar tematik berbasis lingkungan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN III Tanggung. Jurnal Dewantara, 3 (1), 39-48
Sholeh, M. (2018). Mengembangkan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi: Membuat bahan ajar dengan Ispring, Membuat soal dengan Quiz Creator dan Hot Potatoes. Yogyakarta: Akprind Press.
Suastika, I. K., & Triwahyuningtyas, D. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Untuk Pembelajaran Geometri Pada Program Studi PGSD. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 98-103. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i2.3629
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)). Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Wahyuningtyas, D. T. and Suastika, I. K. (2016). Developing Of Numbers LearningModule For P Rimary School Students By Contextual Teaching And LearningApproach. Jurnal Pendidik. Dasar Indonesia., vol.1,September, pp. 33–36
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work