Media Pembelajaran Puzzle dengan Kartu Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Laksmi Murti Harsih Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Wahyudi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5764

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya prestasi sains siswa di Indonesia berdasarkan data TIMSS pada tahun 2015, yang menunjukkan kesulitan siswa dalam menerapkan berpikir kritis saat menyelesaikan soal IPA. Peneliti menjelaskan bahwa anak usia SD memerlukan media konkret untuk memahami materi yang abstrak, khususnya dalam mata pelajaran IPA seperti sistem pencernaan hewan ruminansia. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan media pembelajaran berupa puzzle dengan kartu masalah dalam materi sistem pencernaan hewan ruminansia pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Melalui metode penelitian Research and Development (R&D), peneliti mengembangkan media berupa puzzle dan kartu masalah yang diuji validitasnya oleh para ahli materi, media, dan desain pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media yang tinggi. Uji coba terbatas media ini pada siswa kelas 5 SD menunjukkan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi, serta peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil pre-test ke post-test. Analisis statistik juga mengkonfirmasi peningkatan signifikan ini dengan nilai p-value yang sangat rendah pada uji T. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa media puzzle dengan kartu masalah yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA, serta berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.

Keywords:

Development, Media Puzzle, Problem Based Learning, Critical Thinking

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahar, B., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 9(1), 77-86.

Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32-45.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fatimah, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Puzzle Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 374-379.

Febyanita, I., & Wardhani, D. A. P. (2020). Pengembangan media puzzle materi siklus air untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal inovasi penelitian, 1(6), 1205-1210.

Firsoni, F., & Lisanti, E. (2017). Potensi Pakan Ruminansia dengan Penampilan Produksi Gas Secara In Vitro. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 19(3), 136. https://doi.org/10.25077/jpi.19.3.136-144.2017

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Hafidah, E., Sumardi, & Suryana, Y. (2020). Pengembangan Media Puzzle Tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 71–81.

Listyawati, N. W., Suarjana, M., & Sudana, Dw. Nym. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar Pgsd, 1, 1–10. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/779

Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2018). Karakter Bersahabat. (0291), 178–183.

Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4c Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2. Retrieved from http://paudjateng.xahzgs.com,

Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd No 5 Jineng Dalem. Pedagogia, 16(1), 10. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718

Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.496

Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran “ORMAS” (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865

Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2), 218–230. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/214

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Tresnaningtyas, R. P., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6037-6048.

Downloads

Abstract Views : 649
Downloads Count: 340

Published

2023-11-26

How to Cite

Harsih, L. M., & Wahyudi, W. (2023). Media Pembelajaran Puzzle dengan Kartu Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2123–2131. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5764

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.