Media Pembelajaran Puzzle dengan Kartu Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5764Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya prestasi sains siswa di Indonesia berdasarkan data TIMSS pada tahun 2015, yang menunjukkan kesulitan siswa dalam menerapkan berpikir kritis saat menyelesaikan soal IPA. Peneliti menjelaskan bahwa anak usia SD memerlukan media konkret untuk memahami materi yang abstrak, khususnya dalam mata pelajaran IPA seperti sistem pencernaan hewan ruminansia. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan media pembelajaran berupa puzzle dengan kartu masalah dalam materi sistem pencernaan hewan ruminansia pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Melalui metode penelitian Research and Development (R&D), peneliti mengembangkan media berupa puzzle dan kartu masalah yang diuji validitasnya oleh para ahli materi, media, dan desain pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media yang tinggi. Uji coba terbatas media ini pada siswa kelas 5 SD menunjukkan tingkat kepraktisan yang sangat tinggi, serta peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa dari hasil pre-test ke post-test. Analisis statistik juga mengkonfirmasi peningkatan signifikan ini dengan nilai p-value yang sangat rendah pada uji T. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa media puzzle dengan kartu masalah yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA, serta berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar.
Keywords:
Development, Media Puzzle, Problem Based Learning, Critical ThinkingDownloads
References
Bahar, B., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Publikasi Pendidikan, 9(1), 77-86.
Chandra, R. D. A. (2019). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka (1-10) Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah Desa Gumuksari Kecamatan Kalisat Kabuaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 32-45.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Fatimah, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Puzzle Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 374-379.
Febyanita, I., & Wardhani, D. A. P. (2020). Pengembangan media puzzle materi siklus air untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal inovasi penelitian, 1(6), 1205-1210.
Firsoni, F., & Lisanti, E. (2017). Potensi Pakan Ruminansia dengan Penampilan Produksi Gas Secara In Vitro. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 19(3), 136. https://doi.org/10.25077/jpi.19.3.136-144.2017
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Hafidah, E., Sumardi, & Suryana, Y. (2020). Pengembangan Media Puzzle Tentang Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia Untuk Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 71–81.
Listyawati, N. W., Suarjana, M., & Sudana, Dw. Nym. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar Pgsd, 1, 1–10. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/779
Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2018). Karakter Bersahabat. (0291), 178–183.
Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4c Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2. Retrieved from http://paudjateng.xahzgs.com,
Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Pada Siswa Kelas Vi Sd No 5 Jineng Dalem. Pedagogia, 16(1), 10. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718
Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 50–59. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i1.496
Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran “ORMAS” (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.865
Ramlah. (2015). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2), 218–230. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/214
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Tresnaningtyas, R. P., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6037-6048.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Laksmi Murti Harsih, Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work