Media Video Pembelajaran Tema Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4812Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar sub tema 4 pembelajaran hidup bersih dan sehat di tempat umum pada siswa kelas II SD N Plamongansari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan ke dalam pre experimental bentuk one group pretest posstest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, didapatkan sampel penelitian sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Pada penelitian ini kelas II sebagai kelas eksperimen akan diberikan pretest dan posstest dengan menggunakan media video pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh hasil belajar siswa setelah diberikan perlakukan lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dari hasil ini ini maka terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar kelas II SDN Plamongansari 02. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah media video pembelajaran tema hidup bersih dan sehat dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar
Keywords:
Media Video , Tema Hidup Bersih dan Sehat , Hasil Belajar , sekolah dasarDownloads
References
Amrah, A., Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1) , 47-66 http://Eprints.Unm.ac.id/18650/
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Asnur, Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Mimbar Ilmu Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 23 No. 3 (2018). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/16435
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.
Azis, R., Taiyeb, A. M., & Muis, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 461–466. https://Ojs.Unm.Ac.Id/Semnasbio/Article/View/7184
Aziz, Z. (2019). Fluxus Animasi dan Komunikasi di Era Media Baru Digital. Channel Jurnal Komunikasi, 7(1), 49–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/channel.v7i1.13017.
Halim, D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Krisna, N. L. P. G., Rinda, & Abadi, I. B. G. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum berbantuan Media Video Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SDN 2 Dangin Puri. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1261
Krissandi, A. D. S. (2018). Pengembangan Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 68–77. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2233.
Mubarok, I. (2022). Media Audiovisual Pada Pembelajaran IPA Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 208–218. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.200
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.
http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Ijpe/Index
Pramesty, P. E., Chasanatun, T. W., & Laksana, M. S. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 823-833. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2898
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.
Sudiarta, I. dan Sadra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 49,Nomor 2, Juli 2016, hlm. 45-58. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/index
Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.
Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.
Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877.
Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.
Wuryanti. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2).
Yendrita, & Syafitri. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains. v2i1.620
Yildiz, S., & Ersan, Y. (2011). A study on pc - video games in terms of the space awareness from childhood to youth. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 28. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.145
Yudha, Pudjawan, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Matembang Sekar Alit Berbasis Model Direct Instruction DI SMP Negeri 5 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 19–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20198
Zunidar, Z. (2019). Peran guru dalam inovasi pembelajaran. Nizhamiyah, 9(2), 43-53. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/550.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Farida Retno Hartati , Fenny Roshayanti, Harto Nuroso, Yulaikah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work