Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di SDN Telaga Baru Kecamatan Taliwang

Authors

  • Andhi Rizandhi Universitas Mataram
  • Nurwahidah Universitas Mataram
  • Darmiany Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6471

Abstract

Masa depan bangsa berasal dari pendidikan sehingga dapat dijadikan landasan yang kuat, yang dapat membangun anak bangsa sesuai dari potensi yang dimlikinya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis kelas tahun ajaran 2023/2024. Jenis penilitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN Telaga Baru, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis kelas telah berjalan dengan baik dengan indikator (1) Pengintegrasian PPK dalam kurikulum (2) PPK melalui manajemen kelas (3) PPK melalui pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran (4) PPK melalui pembelajaran tematis (5) PPK melalui gerakan literasi (6) PPK melalui layanan bimbingan dan konseling. Indikator tersebut dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas, kegiatan literasi dan kegiatan ekstrakulikuler dengan mengintgrasikan nilai karakter religius, nasioanalisme, gotong-royong, integritas dan mandiri. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis kelas dilakukan dengan mengintegrasikan nilai karakter religius, nasionalisme, gotong-royong, integritas dan mandiri melalui kegiatan pembelajaran dikelas dan ekstrakulikuler.

Keywords:

Nilai Karakter, Penguatan Pendidikan Karakter, Berbasis Kelas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarizi, M. J., & Shabrina, S. (2020). Bentuk Evaluasi Belajar SDIT Global Cendikia. AS-SABIQUN, 2(1), 49-54. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.637

Astamal, A., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Sosial pada Peserta didik di SMAN 3 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 79–84. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.908.

Datunsolang, R., Sidik, F., & Erwinsyah, A. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal, 2(2), 181-197.

Farida, F., Fitria, Y., Saputri, L., & Syawir, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Projek Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Pembangunan UNP: Hasil Penugasan Dosen di Sekolah (PDS). Jurnal Pds Unp, 1(1), 89-95.

Janah, D. M., & Rahmawati, L. E. (2019). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMK. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ika, M. M., & Putranti, Y. D. (2019). Penerapan program Penguatan pendidikan Karakter Berbasis Kelas di Sekolah Dasar Se-Kecamatan sleman Kabupaten Sleman. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 42–52. https://doi.org/10.47178/elementary.v2i1.613.

Kemendikbud. 2017. “Infografis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)”, https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/7bdf2592741007e, diakses tanggal 11 Juli 2023.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, 8-12. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/138192/permendikbud-no-20-tahun-2018.

Kementerian Pendidikan Nasional (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Khalashinikov, S. R., Murtono, M., & Santoso, S. (2020). Efektivitas Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Peserta didik Kelas IV SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(3), 268-275.

Magdalena, Ina, Alif F. S., Anis Rachman P. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik SD Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains. 3(2)

Maisaro, A., Wiyono, B.B. & Arifin, I. (2018) ‘Manajemen program Penguatan Pendidikan karakter di Sekolah Dasar’, Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), pp. 302–312. https://doi org/10.17977/um027v1i32018p302.

Mendikbud, & Indonesia, R. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurlizawati, N. (2019). Penerapan model pembelajaran tutor teman sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33-41. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud RI. Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017. Tentang penguatan Pendidikan Karakter.

Rahayu, M., Musyafanah, Q., & Kisyowo. (2021). "Analisis Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Neger Bugangan 02 Semarang". Jurnal Dwijaloka, Vol. II, No. 1, 116-121. Rosita, D., Hewanti, S., & Wijayanti, O. (2019). “Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas Melalui Manjemen Kelas di Sekolah Dasar”. Jurnal Tematik. 2(9). https://doi.org/10.24114/jt.v9i2.14434.

Rosita, D., Hewanti, S., & Wijayanti, O. (2019). “Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas Melalui Manjemen Kelas di Sekolah Dasar”. Jurnal Tematik. 2(9). https://doi.org/10.24114/jt.v9i2.14434.

Sari, L.C. (2021) ‘Analisis Dan Refleksi Model Model Pembelajaran’, E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org//10.24036/et.v9i1.112875.

Sari, N.K. and Puspita, L.D. (2019) 'Implementasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar', Jurnal Dikdas Bantara, 2(1). https://doi.org//10.32585/jdb.v2i1.182.

Setianingsih, E.S. (2016) ‘Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar di SD’. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1). https://doi.org//10.26877/malihpeddas.v6i1.1120.

Sutinah, S. (2017). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Berperilaku Menyimpang di MTS Al Muddakir Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(2), 17-24.

Tim PPK Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16. Diakses melalui http://ojs-steialamar.org/index.php/JAA/article/view/95.

Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.

Wirawan, N. H., Trianto, A., & Gumono, G. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(3), 300–309. https://doi.org/10.33369/jik.v2i3.6785.

Yani, N. K. I., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Topik Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Kelas Vi Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 323-333.

Zai, F. S. I., & Mulyono, Y. S. (2022). Pentingnya Metode Pembelajaran Bagi Peningkatan Minat Belajar Mahapeserta didik Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Kristen Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 4(1), 1-13

Downloads

Abstract Views : 656
Downloads Count: 274

Published

2024-01-11

How to Cite

Rizandhi, A., Nurwahidah, N., & Darmiany, D. (2024). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di SDN Telaga Baru Kecamatan Taliwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 131–141. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6471

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.