Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Uang Asli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3077Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual berbantuan uang asli dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran muatan pelajaran matematika materi pecahan uang kelas II di SD Negeri 2 Sumpiuh melalui penerapan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Sumpiuh yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi (siswa dan guru) dan lembar soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbantuan uang asli dilakukan melalui kegiatan pembelajaran yang didalamnya terdapat tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual yaitu: masyarakat belajar, kontruktivisme, permodelan, bertanya, menemukan, refleksi, dan penilaian autentik sehinga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran matematika materi pecahan uang kelas II SD Negeri 2 Sumpiuh. Hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh melalui observasi dan tes. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada pra siklus yaitu 57,33 naik menjadi 73 pada siklus I meningkat menjadi 82 .pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu 20% menjadi 53,33 % pada siklus I meningkat menjadi 87% pada siklus II.
Keywords:
pendekatan kontesktual, alat peraga uang asli, hasil belajarDownloads
References
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis prestasi belajar matematika pada masa pandemi ditinjau dari minat belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Darajad, R. (2016). Pengaruh Minat Belajar Dan Jam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).
Dartina, D. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(1), 71-82.
Hamruni, H. (2015). Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.122-04
Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). Pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69-75.
Maisaroh, S. (2011). Upaya Peningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Dinamika Pendidikan, 6(2), 150-169.
Muji Astuti, Sri. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual dan Media Pembelajaran Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Widyayogya Vol 5 No 1 Juli-Desember 2017.
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sumantri, M. (2017). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Rai, N.L., 2019. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 3(2), pp.131-140.
Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pengembangan karakter siswa sma kota sungai penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21.
Widoyoko, E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran Di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Daryati, Titi Anjarini, Rintis Rizkia Pangestika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work