Pengembangan RPP Revisi 2019 Dengan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2386Abstract
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana pelakasanaan pembelajaran yang akan selalu berubah mengikuti perubahan perkembangan zaman dan berpedoman dengan silabus dan kurikulum yang digunakan, maka dari itu perlu dilakukannya penyederhanaan RPP yang sesuai dengan Permendikbud terbaru. Adanya covid 19 menyebabkan dilakukanya penyederhanaan RPP yang bertujuan meringkas dari RPP yang tadinya RPP berlembar-lembar menjadi satu lembar. Model pembelajaran merupakan cara atau teknik yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran agar dalam pembelajaran siswa ikut berperan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran adalah PAIKEM. PAIKEM adalah singkatan dari pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Dengan pembelajaran yang memfokuskan pada siswa. Hasil dari penelitian pengembangan RPP revisi 2019 dengan model PAIKEM yang telah dikembangkan layak digunakan karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Berdasarkan uji kevalidan yang yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan guru mendapatkan rerata skor 3,6. Uji kepraktisan melalui angket respon siswa yang dilakukan dengan uji coba lapangan terbatas dan luas mendapatkan rerata skor 3,9 dan dikategorikan keefektifan dalam ketuntasan belajar adalah 88%.
Keywords:
pengembangan, RPP, paikemDownloads
References
Arhayu, F. A., Yurniwati, Y., & Fahrurrozi, F. (2021). Pengembangan Modul Bagun Datar Berbasis Paikem Untuk Meningkatan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(1), 61-71.
Berliana, A. U., Mailizar, M., Faiza, F., & Leonard, L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android melalui Model Pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan). Journal of Instructional Development Research, 2(2), 57-68.
Febri, D. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Lab Undiksha Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 357-367.
Hasim, R. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Paikem Gembrot Pada Materi Jaringan Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IIS Madrasah Aliyah Nurul Ikhlas Ambon (Doctoral dissertation, IAIN Ambon).
Ismail, S. I., Saepulmillah, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2020). Analisis Kritik Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 170-188.
Ni’maturrohmah, W. (2020). Assessment Perencanaan Pembelajaran Guru di SMA Nurul Muttaqin Albarokhah Kota Malang. Jurnal Al-Murabbi, 5(2), 34-40.
Nuruningsih, S., & Palupi, R. E. A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Metode Focus Group Discussion pada Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru di SDN Pondok 03. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 51-57.
Santoso, T. D. P. (2022). Rancangan Pembelajaran Berkarakteristik Inovatif Abad 21 Pada Materi Penguat Audio Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di SMKN 1 Adiwerna. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 276-287.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D . Bandung: Ikapi.
Sukarya, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 611-617.
Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz.
Susetya, B. (2017). Meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun silabus dan RPP melalui supervisi akademik di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 134-141.
Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110-127.
Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif solusi model pembelajaran untuk mengatasi resiko penurunan capaian belajar dalam pembelajaran tatap muka terbatas di masa pandemic covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80-90.
Taufina, T., & Ratih, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Pembelajaran Paikem Gembrot Di Kelas Iv Sekolah DASAR. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(3), 253-260.
Yuhandika, T., Salim, N., & Fitri, A. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Pentas: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 74-82.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kardiman, Rintis Rizkia Pangestika, Nurhidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work