Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media WhatsApp Group Siswa Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1248Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan media WhatsApp Group yang dilakukan pada siswa kelas IV SD N 1 Kracak. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa kelas IV dengan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penanaman karakter keteladanan siswa kelas IV SDN 1 Kracak meliputi guru menjadi contoh pribadi yang bersih, rapi, ramah, mandiri, membersihkan meja brelajarnya sendiri, santun dalam bertutur kata, memungut sampah di lingkungan rumah lalu membuangnya di tempat sampah. Kemudian dalam metode pembiasaan meliputi mengerjakan tugas individu atau ulangan sendiri, mengerjakan sendiri setiap ulangan, mengintegrasikan nilai karakter mandiri dalam materi pelajaran dengan mencantumkan nilai karakter mandiri di dalam RPP, mengucapkan salam kepada guru dan teman melalui WhatsApp Group dalam proses belajar jarak jauh, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan mengembangkan proses pembelajaran peserta didik aktif yang memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan internalisasi nilai karakter mandiri dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai.
Keywords:
Pendidikan Karakter Mandiri, Proses Pembelajaran Jarak Jauh, WhatsApp GroupDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work