Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media WhatsApp Group Siswa Dasar

Authors

  • Maya Sinta Aryanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Badarudin Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Agung Nugroho Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1248

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan media WhatsApp Group yang dilakukan pada siswa kelas IV SD N 1 Kracak. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian yaitu guru, kepala sekolah, dan siswa kelas IV dengan metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penanaman karakter keteladanan siswa kelas IV SDN 1 Kracak meliputi guru menjadi contoh pribadi yang bersih, rapi, ramah, mandiri, membersihkan meja brelajarnya sendiri, santun dalam bertutur kata, memungut sampah di lingkungan rumah lalu membuangnya di tempat sampah. Kemudian dalam metode pembiasaan meliputi mengerjakan tugas individu atau ulangan sendiri, mengerjakan sendiri setiap ulangan, mengintegrasikan nilai karakter mandiri dalam materi pelajaran dengan mencantumkan nilai karakter mandiri di dalam RPP, mengucapkan salam kepada guru dan teman melalui WhatsApp Group dalam proses belajar jarak jauh, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, dan mengembangkan proses pembelajaran peserta didik aktif yang memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan internalisasi nilai karakter mandiri dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai.

Keywords:

Pendidikan Karakter Mandiri, Proses Pembelajaran Jarak Jauh, WhatsApp Group

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 396
Downloads Count: 376

Published

2021-07-31

How to Cite

Sinta Aryanti, M., Badarudin, B., & Nugroho, A. . (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Jarak Jauh dengan Media WhatsApp Group Siswa Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 778–784. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1248

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.