Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Kelas IV Dengan Menerapan Metode Role Playing
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1019Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran 1 sub tema 3 tema 5 tentang sikap kepahlawanan, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukasari II melalui pembelajaran metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti bekerjasama dengan Kepala Sekolah SD Negeri Sukasari II sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sukasari II, sebanyak 20 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir siklus dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada tema sikap kepahlawanan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukasari II. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum pemberian tindakan adalah 6,05 sedangkan presentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 40%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 68.5 sedangkan presentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 45%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa mencapai 88 sedangkan presentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 90%. Kesimpulan, penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema sikap kepahlawanan dikelas IV SD Negeri Sukasari II.
Keywords:
hasil belajar siswa, metode pembelajaran role playingDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work