STRATEGI GURU PPKn DALAM MENANAMKAN SIKAP BELA NEGARA PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 SAMARINDA

Penulis

  • Inri Triyatni Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Marwiah Marwiah Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • A. Hardoko Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Suryaningsi Suryaningsi Program Studi Pendidikan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15817

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menanamkan sikap bela negara pada Peseta Didik di SMP Negeri 8 Samarinda. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran guru dalam membentuk karakter dan rasa nasionalisme peserta didik sejak dini, terutama melalui pendidikan kewarganegaraan yang mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan peseta didik, serta dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan peseta didik kelas VII, VIII & IX di SMP Negeri 8 Samarinda. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru PPKn dalam menanamkan sikap bela negara meliputi beberapa bentuk pola pembelajaran, antara lain penggunaan pendekatan kontekstual, integrasi nilai-nilai bela negara dalam materi pelajaran, serta penanaman melalui keteladanan dan kegiatan sekolah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi guru PPKn memiliki peran penting dan efektif dalam menanamkan sikap bela negara pada peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan pihak sekolah dalam mengembangkan metode pembelajaran yang membentuk karakter kebangsaan peserta didik secara berkelanjutan.

Kata Kunci:

Strategi Guru, PPKn, Bela Negara, Nasionalisme, Pendidikan Karakter

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adianti, R. (2023). Problematika Guru PPKN dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Digital. Academy of Education Journal, 14(2), 388-398.

Anjani, D. R., & Hartati, R. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-nilai Kebangsaan di Sekolah Menengah Pertama. Civic Education Journal, 11(2), 123–132.

Apriani, M. S. (2020). Internalisasi Nilai Bela Negara melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 45–57.

Armaida, K. A., & Jatiningsih, O. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn Pada Pemahaman Bela Negara Peseta Didik Kelas Viii Di Sekolah Inklusi Smp Muhammadiyah 2 Kediri. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(2), 413-428.

Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Fitriani, H., & Munawaroh, L. (2021). Internalisasi Nilai Bela Negara Melalui Media Pembelajaran Interaktif. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 5(1), 75-84.

Gunawan, H. (2020). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hariyadi, T., & Arofah, R. (2019). Strategi Pembelajaran Guru PPKn dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Peseta Didik di Era Globalisasi. Jurnal Wawasan Pendidikan, 9(3), 193–204.

Junaidi, E., & Maharani, S. (2019). Implementasi Nilai Bela Negara di Sekolah Melalui Metode Role Playing. Jurnal Pendidikan, 20(3), 215–228.

Kamila, T., & Yusuf, R. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Penanaman Nilai Nasionalisme. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 90–101.

Kurniawan, R., & Salim, A. (2022). Strategi Guru dalam Mengintegrasikan Nilai Bela Negara dalam Materi PPKn. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(2), 112–121.

Mustofa, M., & Wijaya, H. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran PPKn untuk Menanamkan Nilai Bela Negara. Jurnal Pendidikan Nasionalisme, 1(1), 1–10.

Ningsih, Y. K., & Fauzi, A. (2023). Strategi Penguatan Nilai-nilai Kebangsaan pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegaraan, 9(1), 29–40.

Rahmawati, S., & Yuliani, E. (2022). Pendidikan Bela Negara dalam Perspektif Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 101–114.

Wuryandani, W., & Pd, M. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Peseta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 211-225.

Yuliana, E., & Aditya, M. (2023). Peran Guru dalam Mengintegrasikan Nilai Bela Negara ke dalam RPP. Jurnal Inovasi Pembelajaran PPKn, 11(1), 54–66.

Unduhan

Abstract Views : 6
Downloads Count: 2

Diterbitkan

2025-09-14

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama