STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DI ERA DIGITAL STUDI KASUS DI MAN 2 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.14299Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter disiplin siswa untuk meningkatkan prestasi di era digital MAN 2 Samarinda, kemudian untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam membentuk karakter disiplin siswa untuk meningkatkan prestasi di era digital MAN 2 Samarinda ,serta Upaya apa saja yang dapat dilakukan dalam menghadapi karakter disiplin siswa pada era digital di MAN 2 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di MA Negeri 2 Samarinda selama periode Januari hingga Februari 2025. Penelitian ini melibatkan subjek guru, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, dan siswa-siswi. Data dikumpulkan via observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi guru dalam membentuk karakter siswa dapat meningkatkan prestasi di era digital ini sangat terlihat jelas dari aspek partisipasi siswa dalam bersikap bijak menggunakan teknologi di saat jam sekolah atau pembelajaran, hal ini memudahkan para guru mengatur strategi dalam membentuk karakter di imbangi dengan peningkatan prestasi akademik dan non akademik di era digital atau teknologi. Namun, kendala seperti perilaku siswa yang kurang disiplin, tantangan teknologi, dan latar belakang keluarga sering muncul. Guru mengatasi masalah ini dengan memberikan motivasi, pesan, serta teladan yang baik dalam aktivitas pembelajaran di lingkungan sekolah.
Keywords:
Strategi Guru, Karakter, Prestasi SiswaDownloads
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Degeng, I Nyoman S. 1998. Interactive Effects of Instructional Strategy and Leaner Character-istics on Learning Effectiveness and Appeal.Jakarta: Urge Batch II
Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.
Lince, R. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting), VIII (November).
Miftachurrohman, A. S., & Atika. (2018). Manajemen Lembaga Pendidikan Berorientasi Mutu di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 473.
Munawaroh, S. (2016).Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta.BPNP
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru dan Orangtua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.
Wardani, R., & Budiono, H. (2023). Strategi Guru Dalam Menerapkan Kegiatan Literasi Digital di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1).
Wiyani, A. N. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Yasmin, F. L., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa (Relationship of discipline with student learning responsibilities). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 692–697.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yaumil Khairiyah A. Cikdin, Endang Herliah , Asnar Asnar , Marwiah Marwiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.