PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DAN MOTIVASI BELAJAR PRESTASI SISWA: IMPLIKASI TERHADAP NILAI MATA PELAJARAN PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15495Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis teknologi dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMK Kesehatan Samarinda. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Data dikumpulkan melalui kuesioner berskala Likert yang dibagikan kepada 100 responden. Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Secara simultan, kedua variabel menjelaskan 66,8% variasi prestasi belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi pembelajaran dan penguatan motivasi belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di era digital.
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Teknologi, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, PPKnDownloads
References
Hapsari, N., & Ramadhan, F. (2021). Pemanfaatan media teknologi dalam meningkatkan keterlibatan belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 33–41
Nasution, S., & Harefa, D. (2022). Pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 15(2), 112-120
Oktaviani, S. (2020). Pembelajaran Berbasis Teori Sosial Kognitif Bandura dalam Konteks Pendidikan Digital. EduTech Journal, 7(3), 78–85.
Pratama, A., & Nugroho, Y. (2019). Peran Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 4(1), 34–41.
Putri, A. (2020). Motivasi Belajar Siswa dalam Meningkatkan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 43–51. Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2021). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development,
Putri, N. D., & Fauzi, F. (2022). Teknologi dan pendidikan di era digital: Tantangan dan peluang bagi guru di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 10(1), 88–96
Rahmawati, A. , dan Yulianti, D. (2022). Inovasi pembelajaran PPKn berbasis nilai dalam membentuk karakter siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(1), 45–52
Safitri, R., Hidayat, T., & Aminah, N. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 6(1), 55–62.
Sari, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(2), 112–118.
Sintya Miftakhul Fadilla (2022)Evaluasi Pemahaman Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 402-413
Suryani, A. (2021). Pembelajaran berbasis teknologi di sekolah Indonesia: Pengalaman dan refleksi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(4), 45–52
Suwardi, A., & Kurniawan, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Proses Pembelajaran Era Digital. Jurnal Pendidikan Digital, 5(2), 123–130.
Wahyuni, S., & Putra, A. (2022). Peran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan dalam membentuk etika profesional siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 145-153.
Wibowo, A. , dan Santosa, H. (2020). Penguatan nilai-nilai kebangsaan melalui pendidikan PPKn di era digital. Civic Education Journal, 5(2), 87–96
Widodo, S. (2020). Student-centered learning dalam kurikulum pendidikan Indonesia: Implementasi dan tantangan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(3), 201–209.
Yuliana, D., & Prasetyo, A. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dan prestasi akademik siswa SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 75–82
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Handayani, Marwiah Marwiah, Wingkolatin Wingkolatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.