KREATIVITAS GURU PPKN DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMP NEGERI 25 SAMARINDA

Authors

  • Engelbertus Irenus Piris Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Wingkolatin Wingkolatin Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Moh. Bahzar Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda,
  • Endang Herliah Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15723

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Media pembelajaran inovatif apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 25 Samarinda, Kemudian Bagaimana cara guru PPKn memilih media pembelajaran inovatif yang akan digunakan di SMP Negeri 25 Samarinda, serta Bagaimana proses guru PPKn dalam membuat media pembelajaran inovatif di SMP Negeri 25 Samarinda. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 25 Samarinda pada bulan februari 2025-april 2025. Subjek penelitian ini ialah guru PPKn, dan siswa-siswi kelas VII,VIII,IX dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran inovatif oleh guru PPKn meliputi game edukasi dan media audio visual. Kombinasi kedua media tersebut terbukti mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa, sehingga menghasilkan perubahan signifikan dalam meningkatkan efektivitas belajar. Dalam memilih media pembelajaran, guru melakukan beberapa tahapan penting yang terdiri dari menyesuaikan karakteristik peserta didik, mengidentifikasi tujuan pembelajaran, mempertimbangkan ketersediaan sumber daya, serta mengutamakan efektivitas dan efisiensi.

Keywords:

Kreativitas, Guru PPKn, Media pembelajaran, inovatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415

Arlinayanti, K. D., & Syari, N. M. F. D. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Global. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(3). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta

Asrar, D. S. (2021). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar DalamMenghadapiTantangan Global. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah, Vol 1(No 1), 34–40.

Azis, A. M. (2019). Upaya Meningkatkan Creative Intelegence (Kecerdasan Kreatif) dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Upaya, 1(3), 29–40. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/75

Berutu, A. I., Roza, M., & Hsb, R. N. (2024). Peran Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membangun Motivasi dan Minat Belajar Siswa. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(3), 88–97. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i3.2249

Kamaludin, K. (2023). Why is Normative Commitment Invalid? An Empirical Study on Principals of Public Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(2), 229. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i2.13467

Kamaludin, K., Taulany, H., & Slamet, S. (2024). Enhancing Competitive Advantage in the Disruptive Era: Strategy Formulation Framework in Model Public Junior High Schools in Indonesia. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 42–58. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i1.6861

Palobo, A. F., & Yoenanto, N. H. (2024). Literature Study : The Role of Driving Teachers in the Framework Improving the Quality of National Education. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 117–126. https://scholar.archive.org/work/54eiqnaamba5bh7hboqluj4an4/access/wayback/http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/download/2027/388/

Safitri, D., & Wicaksono, N. F. (2024). Guru Sebagai Pilar Utama: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni (JPVS), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.52060/jpvs.v3i1.2761

Suriyati, S., Mytra, P., Jaya Nur, M., & Wahdania, W. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Menggunakan Alat Peraga Pada Materi Pelajaran Pai Di Smp Negeri 35 Sinjai. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 4(02), 77–83. https://doi.org/10.47435/al-ilmi.v4i02.2597

Downloads

Abstract Views : 22
Downloads Count: 10

Published

2025-09-02

Most read articles by the same author(s)