ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK DALAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS MANGGA

Penulis

  • Dede Mahmiludin Universitas Winaya Mukti
  • Ida Marina
  • Imas Naimah Hasnah Universitas Majalengka
  • Dety Sukmawat Universitas Winaya Mukti

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsa.v4i1.14353

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai strategi pemasaran dani novasi produk dalam pengembangan agribisnis mangga berdasarkan hasil reviews istematis terhadap 23 jurnal nasional dan internasional yang terbit antara tahun 2021 hingga 2025. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan menyusun matriks perbandingan yang meliputi tujuan, metode, hasil, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penelitian. Hasil review menunjukkan bahwa pendekatan pemasaran digital, inovasi produk berbasis zero waste, serta keterlibatan masyarakat lokal merupakan kunci dalam peningkatan daya saing dan nilai tambah agribisnis mangga. Review ini juga mengidentifikasi kesenjangan penelitian yang dapat menjadi fokus pengembangan selanjutnya.

Kata Kunci: Agribisnis Mangga, Strategi Pemasaran, Inovasi Produk, Zero

Waste, Pemasaran Digital, Review Sistematis

Kata Kunci:

Mango_Agribusiness, Marketing_Strategies, , Produc_ Innovation, Zero_Waste, Digital_Marketing

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 62
Downloads Count: 51

Diterbitkan

2025-07-16

Cara Mengutip

Mahmiludin, D., Marina, I., Naimah Hasnah, I., & Sukmawat, D. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN INOVASI PRODUK DALAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS MANGGA. Journal of Sustainable Agribusiness, 4(1), 9–25. https://doi.org/10.31949/jsa.v4i1.14353

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.