Analisis Nilai-Nilai Multikultural pada Buku Ajar IPAS Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis representasi nilai-nilai multikultural dalam buku ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk kelas IV SD berdasarkan Kurikulum Merdeka. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis konten setiap bab buku terkait aspek keberagaman budaya, toleransi, dan gotong-royong. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku ajar IPAS kelas IV telah mengintegrasikan nilai-nilai multikultural secara tematik dan kontekstual, seperti dalam pembahasan tentang kearifan lokal, budaya daerah, dan kegiatan proyek berbasis keberagaman. Temuan ini diperkuat oleh pandangan para ahli yang menyatakan bahwa pendidikan multikultural harus dimulai sejak dini melalui bahan ajar yang inklusif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada evaluasi kurikulum dalam konteks penguatan karakter kebinekaan.