Analisis Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Antar Siswa

Authors

  • Muhammad Hadi Annajih Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9787

Abstract

Metode bermain peran merupakan sebuah pendekatan yang sangat efektif sebagai upaya meningkatkan interaksi antar siswa, dengan fokus pada pengembangan kemampuan berbicara antar siswa maupun dengan guru, kemampuan percaya diri dan pengendalian emosional. Dalam pembahasan ini, penelitian dan juga analisis literatur juga mampu sebagai sarana yang efektif dalam melatih siswa untuk percaya diri dan yakin dalam berinteraksi dengan siswa lain. Manfaat dari penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran yaitu dapat membantu siswa mengenali lingkungan sekitar dan mengekspresikan dirinya. Bermain peran juga bisa mempengaruhi perkembangan pribadi dan sosial anak. Melalui bermain peran anak juga mampu membangun identitasnya dan meningkatkan kemandirian. Dengan demikian, implementasi dari metode bermain peran untuk meningkatkan interaksi antar siswa merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat bermanfaat bagi pengembangan kemampuan berbicara antar siswa dan kemampuan percaya diri secara keseluruhan. Hal ini adalah salah satu bentuk dari sebuah pendekatan yang sangat inovatif dan berorientasi pada pengalaman siswa untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan berinteraksi tiap siswa. Oleh sebab itu, penelitian dan praktik serta pengembangan dari metode bermain peran dalam ruang lingkup interaksi siswa diharapkan dapat memberikan sebuah kontribusi kepada masyarakat dan dengan demikian pula peningkatan interaksi siswa dapat memberikan kontribusi juga pada aspek peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Keywords:

Bermain Peran, Interaksi, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aufa Amroini Indah Saesari, Mei Fita Asri Untari, & Duwi Nuvitalia. (2023). ANALISIS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1149

Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12

Desi Pristiwanti. (2022). Pengertian Pendidikan Secara Umum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Ferdiyansyah, A., Zahara, S. L., Rahayu, W. P., & Alfan, M. (2022). Efektivitas model pembelajaran role playing terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5039

Fitriana, D. (2022). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2). https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726

Gontina, R., Komariyah, K., & Hasanah, U. H. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4946

Hayashi, T. E., Hartati, D., & Suntoko, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN DIALOG SISWA DALAM BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL REALITY DI KELAS XI IPS 1 DAN XI IPS 2 SMA NEGERI 1 TAMBELANG. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3714

Kristin, F. (2018). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Monika, K. (2021). PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN DI TK IT AN-NAJAH. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1). https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9292

Muthi’ah, M., Kasiyun, S., Ghufron, H. S., & Marianti, P. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2543

Muttabiah, A., & Purwanti, K. Y. (2023). Keefektifan Model Interaksi Sosial Role Playing berbantuan Media Dussmart terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4006

Nikmah, F., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Berbasis Profesi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1). https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.487

Ningsih, N. V., & Lusy, N. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Mentari, 1(1).

Nurjannah, L., & Zalyana, Z. (2019). PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2). https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6670

Nurkhasani. (2021). Efektivitas Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Baru Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan, 17(2).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(6).

Pujiati, Hidayah, N., & Rustiningsih. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1).

Sakti, H. G. (2022). Pengaruh bermain peran pada pengendalian diri siswa. Journal of Mandalika Literature, 3(1).

Sriyanti, S., & Pratiwi, E. S. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI BA NURUL HIDAYAH SUMBERAGUNG KEPOHBARU BOJONEGORO. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.406

Suhendro, P., Rahman, T., & Nurizakiyah, N. (2023). Analisis Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Psikososial Anak Usia Pra Sekolah di TK Tarbiyatus Shibyan Desa Pakong Kabupaten Pamekasan. Wiraraja Medika : Jurnal Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.24929/fik.v12i2.2185

Tabang, V., & Saefulloh, A. (2023). Peran Pendidik dalam Membangun Interaksi Antar Siswa di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 3(2). https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i2.9278

Tambunan, T. A., & Agustina, W. (2022). Social Studies Pada Anak Usia Dini. Talitakum : Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 1(1).

Yantoro, Y., Pamela, I. S., Purwati, E., & Ismaini, E. (2020). Strategi Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 37. https://doi.org/10.32332/elementary.v6i1.1623

Downloads

Abstract Views : 419
Downloads Count: 143

Published

2024-11-25

How to Cite

Annajih, M. H., & Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Antar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9787

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.