Analisis Penggunaan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Interaksi Antar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9787Abstract
Metode bermain peran merupakan sebuah pendekatan yang sangat efektif sebagai upaya meningkatkan interaksi antar siswa, dengan fokus pada pengembangan kemampuan berbicara antar siswa maupun dengan guru, kemampuan percaya diri dan pengendalian emosional. Dalam pembahasan ini, penelitian dan juga analisis literatur juga mampu sebagai sarana yang efektif dalam melatih siswa untuk percaya diri dan yakin dalam berinteraksi dengan siswa lain. Manfaat dari penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran yaitu dapat membantu siswa mengenali lingkungan sekitar dan mengekspresikan dirinya. Bermain peran juga bisa mempengaruhi perkembangan pribadi dan sosial anak. Melalui bermain peran anak juga mampu membangun identitasnya dan meningkatkan kemandirian. Dengan demikian, implementasi dari metode bermain peran untuk meningkatkan interaksi antar siswa merupakan suatu hal yang sangat penting dan sangat bermanfaat bagi pengembangan kemampuan berbicara antar siswa dan kemampuan percaya diri secara keseluruhan. Hal ini adalah salah satu bentuk dari sebuah pendekatan yang sangat inovatif dan berorientasi pada pengalaman siswa untuk membantu dalam meningkatkan kemampuan berinteraksi tiap siswa. Oleh sebab itu, penelitian dan praktik serta pengembangan dari metode bermain peran dalam ruang lingkup interaksi siswa diharapkan dapat memberikan sebuah kontribusi kepada masyarakat dan dengan demikian pula peningkatan interaksi siswa dapat memberikan kontribusi juga pada aspek peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Keywords:
Bermain Peran, Interaksi, SiswaDownloads
References
Aufa Amroini Indah Saesari, Mei Fita Asri Untari, & Duwi Nuvitalia. (2023). ANALISIS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) KELAS IV SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1149
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Desi Pristiwanti. (2022). Pengertian Pendidikan Secara Umum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Ferdiyansyah, A., Zahara, S. L., Rahayu, W. P., & Alfan, M. (2022). Efektivitas model pembelajaran role playing terhadap peningkatan interaksi sosial siswa kelas 4 SDN Bumiayu 2 Malang. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(1). https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i1.5039
Fitriana, D. (2022). MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2). https://doi.org/10.30736/jce.v5i2.726
Gontina, R., Komariyah, K., & Hasanah, U. H. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4946
Hayashi, T. E., Hartati, D., & Suntoko, S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN DIALOG SISWA DALAM BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL REALITY DI KELAS XI IPS 1 DAN XI IPS 2 SMA NEGERI 1 TAMBELANG. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3714
Kristin, F. (2018). META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356
Monika, K. (2021). PEMBELAJARAN ENTREPRENEURSHIP MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN DI TK IT AN-NAJAH. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1). https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9292
Muthi’ah, M., Kasiyun, S., Ghufron, H. S., & Marianti, P. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2543
Muttabiah, A., & Purwanti, K. Y. (2023). Keefektifan Model Interaksi Sosial Role Playing berbantuan Media Dussmart terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SD. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4006
Nikmah, F., Izzati, U. A., & Darminto, E. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran Berbasis Profesi Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Rasa Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1). https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.487
Ningsih, N. V., & Lusy, N. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Mentari, 1(1).
Nurjannah, L., & Zalyana, Z. (2019). PENGARUH PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN TERHADAP ASPEK PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2). https://doi.org/10.24014/kjiece.v1i2.6670
Nurkhasani. (2021). Efektivitas Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Baru Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan, 17(2).
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(6).
Pujiati, Hidayah, N., & Rustiningsih. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP Universitas Ahmad Dahlan, 1(1).
Sakti, H. G. (2022). Pengaruh bermain peran pada pengendalian diri siswa. Journal of Mandalika Literature, 3(1).
Sriyanti, S., & Pratiwi, E. S. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI BA NURUL HIDAYAH SUMBERAGUNG KEPOHBARU BOJONEGORO. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.46773/al-athfal.v3i1.406
Suhendro, P., Rahman, T., & Nurizakiyah, N. (2023). Analisis Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Psikososial Anak Usia Pra Sekolah di TK Tarbiyatus Shibyan Desa Pakong Kabupaten Pamekasan. Wiraraja Medika : Jurnal Kesehatan, 12(2). https://doi.org/10.24929/fik.v12i2.2185
Tabang, V., & Saefulloh, A. (2023). Peran Pendidik dalam Membangun Interaksi Antar Siswa di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 3(2). https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i2.9278
Tambunan, T. A., & Agustina, W. (2022). Social Studies Pada Anak Usia Dini. Talitakum : Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 1(1).
Yantoro, Y., Pamela, I. S., Purwati, E., & Ismaini, E. (2020). Strategi Guru Kelas Tinggi Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Disiplin Siswa melalui Manajemen Kelas. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 37. https://doi.org/10.32332/elementary.v6i1.1623
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Hadi Annajih, Afakhrul Masub Bakhtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work