Dampak Game Mobile Legends Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Aulia Tri Utami Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Desvian Bandarsyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Sulaeman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game mobile legends terhadap pola interaksi sosial siswa sekolah dasar dengan menggunakan 4 sampel yaitu siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2022 di SDN Karang Anyar 06 Petang yang berlokasi di Jalan. B III Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Kelurahan Karang Anyar. Kota Jakarta Pusat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dampak negatif dari siswa yang senang memainkan game mobile legends terhadap pola interaksi sosial ialah siswa mengalami gangguan terhadap pola interaksi sosial, dan siswa menjadi mudah dan lebih sering terpancing emosi, siswa tidak dapat mengkontrol emosionalnya, siswa juga jadi melupakan waktu dan ibadahnya serta melupakan kewajibannya sebagai seorang pelajar. Selain itu, siswa lebih individualis dan pemilih sehingga pada saat belajar di sekolah siswa lebih memilih teman yang sama-sama bermain game mobile legends dan pada saat di rumah siswa menjadi malas belajar. Sedangkan dampak positif dari senang memainkan game mobile legends ialah siswa menjadi lebih pintar dalam menggunakan teknologi digital, siswa akan memiliki kerjasama yang baik sesama teman pada saat belajar, siswa dapat memperbaharui kosakata yang baru, serta kemampuan bersosialisasi dalam dunia digital meningkat.

Keywords:

dampak mobile legends, pola interaksi sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alia, T., & Irwansyah. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65–78.

Andayani, T., Febryani, A., & Andriansyah, D. (2020). Pengantar Sosiologi (Simanjuntak . HP Daniel (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Sosiologi/umLLDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68

Anto, P., & Anita, T. (2019). Tembang Macapat sebagai Penunjang Pendidikan Karakter. Deiksis, 11(01), 77. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i01.3221

Chan, A. S., Fachrizal, F., & Lubis, A. R. (2020). Outcome Prediction Using Naïve Bayes Algorithm in the Selection of Role Hero Mobile Legend. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1566/1/012041

Faza, A. W., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 534-541. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4344

Kustiawan, A. A., & Utomo, A. W. B. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online Dan Tindakan Pencegahan. CV. AE MEDIA GRAFIKA. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=2H-WDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=andri+kustiawan+arif&ots=GehbqDdC1A&sig=UJvoCxoovfdJcTIYM1zZfY_jAG4&redir_esc=y#v=onepage&q=andri kustiawan arif&f=false

Mar’ie, F., & Fahyuni, E. F. (2021). Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Oasis : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 5(2), 42. https://doi.org/10.24235/oasis.v5i2.7700

Marsal, A., Hidayati, F., Studi, P., Informasi, S., & Manajemen, P. S. (2017). Pengaruh Smartphon Dengan Interaksi Sosial. Jurnal Ilmiyah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 78–84.

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 103–118. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.575

Mawalia, K. Al, Informasi, P., & Airlangga, U. (2020). The impact of the Mobile legends game in creating virtual reality. 12(02), 49–61.

Munawar, L. (n.d.). Jadi Gim Terpopuler, Ini 6 Alasan Mobile legends Disukai Banyak Orang. Retrieved February 28, 2022, from https://m.liputan6.com/citizen6/read/3492015/jadi-gim-terpopuler-ini-6-alasan-mobile-legend-disukai-banyak-orang?

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6. https://doi.org/10.31289/perspektif.v7i1.2520

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. 17(33), 81–95.

Riska & Budiyono, W. K. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1–7. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/16

Saputra, P. (2019). Kemampuan Kontrol Diri Remaja Pecandu Game Mobile Legends di kelurahan Kebun Beler Kota Bengkulu. 8(5), 55.

Saputra, R. A. D. (2021). Interaksi Sosial Pada Remaja Kecanduan Game Online Di Desa Singosaren. ROSYADA: Islamic Guidance and Counseling, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.21154/rosyada.v2i2.3536

Siti, M. (2017). Perubahan Zaman( Studi Fenomenologi Masyarakat Islam Modern ). Nusantara Palapa STIT Palapa Nusantara Lombok-NTB, 5(2), 174–195.

Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern (Meita (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2018). Stop Kecanduan Game Online (S. Y. Wardani (ed.)).

Ulum, B. (2018). Games “Mobile legends Bang Bang” Di Kalangan Mahasiswa Uin Sunan Ampel Seurabaya Dalam Tinjauan “One Dimensional Man” Herbert Marcuse. Community Engagement & Emergence Journal, 1(1), 1–82.

Downloads

Abstract Views : 5785
Downloads Count: 4240

Published

2022-08-07

How to Cite

Aulia Tri Utami, Bandarsyah, D., & Sulaeman, S. (2022). Dampak Game Mobile Legends Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 899–907. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2710

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.