Pengaruh Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9404Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran experiential learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Binjai. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test untuk dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model experiential learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes menulis yang terdiri dari pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan uji hipotesis untuk membandingkan hasil pre-test dan post-test antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks negosiasi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen adalah 89,20, sedangkan kelompok kontrol adalah 83,13. Hal ini menunjukkan bahwa model experiential learning lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model experiential learning dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi di sekolah menengah atas.
Keywords:
Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Teks NegosiasiDownloads
References
Ahyar, D. B. (2019). Analisis Teks Dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori Dan Aplikatif). Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(2), 100-120.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.
Dhania, E. R., Anam, S., & Awalludin, A. (2019). Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 OKU dalam Menulis Teks Negosiasi. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 122-132.
Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2018). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. Jossey-Bass.
Ghunu, Y. (2023). Teknik Menulis dengan Model Pembelajaran Terpadu Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. NTB: P4I.
Handoko, M. P., Fahmi, R. N., Kurniawan, F. Y., Artating, H., & Sinaga, M. S. (2019). Potensi Pengembangan Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 22-29.
Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan menulis bahasa Indonesia. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.
Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ocampo, D., Santos, M., & Reyes, C. (2023). The Role of Experiential Learning in Developing Writing Skills among High School Students. Journal of Educational Research, 116(3), 412-425.
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,
Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283-294.
Syukri, R. A., Bahri, A., & Khaltsum, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Fun Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51-60.
Tanwin, S. (2020). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) dalam Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia pada Era Globalisasi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 2(2), 156-163.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Üzeyir Sügümlü, Hasan Hüseyin Mutlu, & Enes Çinpolat. (2019). Relationship Between Writing Motivation Levels and Writing Skills Among Secondary School Students. International Electronic Journal of Elementary Education, 11, 487–492. https://doi.org/10.26822/iejee.2019553345
Wilson, K., Brown, J., & Thomas, S. (2022). Experiential Learning and the Development of Critical Thinking Skills in Higher Education. Educational Studies, 48(2), 295-310.
Yetra, S., Izzati, I., & Yaswinda, Y. (2020). Pelaksanaan model Experiental Learning di PAUD Sekolah Alam Minangkabau. Jurnal Golden Age, 4(01), 90-99.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adinda Febry, Sadieli Telaumbanua, Friska Ria Sitorus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work