Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Teknik Mind Mapping
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3903Abstract
Teknik mind mapping sudah terpercaya dan terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana teknik mind mapping mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi sekaligus mengembangkan ide imajinatif dan kepercayaan diri siswa kelas IV SDN Sangkali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus mencangkup 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflekting). Subjek penelitian ini melibatkan 29 orang siswa kelas IV. Data diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa teknik mind mapping dapat membantu meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV, hal ini dibuktikan dengan ketuntasan klasikal keberhasilan dari prasiklus sebesar 27,58%, siklus I sebesar 51,72% dan siklus II sebesar 100%. Saran dari penelitian ini adalah sebagai seorang pendidik diharapkan dapat terampil dalam memilih teknik pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Keywords:
Keterampilan menulis, karangan deskripsi, teknik Mind MappingDownloads
References
Abrams, Z. I., & Byrd, D. R. (2016). The effects of pre-task planning on L2 writing: Mind-mapping and chronological sequencing in a 1st-year German class. System, 63. https://doi.org/10.1016/j.system.2016.08.011.
Ahmad, D. E. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Sinektik Dan Mind Mapping Dalam Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas Ix Smp Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev). Rineka Cipta.
Buran, A., & Filyukov, A. (2015). Mind Mapping Technique in Language Learning. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 206. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.010
Buzan, T. (2007). Buku Pintar Mind Map (Ed.1 Cet.1). PT Gramedia Pustaka Utama. %09/DetailOpacBlank.aspx?id=5351%0A/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/5351.jpg
Bystrova, T., & Larionova, V. (2015). Use of Virtual Mind Mapping to Effectively Organise the ProjectActivities of Students at the University. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 214. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.724.
Edward, C. (2009). Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas (Cet ke-1). Sakti.
Fadilla, I. R., Bella, A., Khairunnisa, U., & Ningsih, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6417-6420.
Ikbal, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX. Journal of Education Action Research, 5(4), 465-471.
Indarti, I., & Laraswati, D. (2021). Digital Game Based Learning Tebak Nama Buah dan Sayuran Dalam Bahasa Inggris Dengan Model Addie. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(1), 45-50.
Kholifah, A. N., Rinanto, Y., & Ramli, M. (2015). Kajian penerapan model guided discovery learning disertai concept map terhadap pemahaman konsep siswa sma kelas xi pada materi sistem imun. Bio-Pedagogi, 4(1), 12-18.
Kusumaningsih, Dewi, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Andi.
Lestari, T. P. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Metode Mind Mapping pada Siswa Kelas V SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(1), 37-42.
López-Bernabé, E., Foudi, S., & Galarraga, I.(2020). Mind the map? Mapping the academic, citizen and professional stakeholder views on buildings and heating behaviour in Spain. Energy Research & Social Science, 69. https://doi.org/10.1016/j.erss.2020.101587.
Marsudi, Demas, dkk. (2009). Bahasa dan Sastra Indonesia 2. CV HaKa MJ.
Nindita Dava Aulia, Ajeng Novita Fitriana, K. H. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ketangi. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3.
Pascual, M., Miñana, E. P., & Giacomello, E. (2016). Integrating knowledge on biodiversity and ecosystem services: Mind-mapping and Bayesian Network modelling. Ecosystem Services, 17. https://doi.org/10.1016/j.ecoser.2015.12.004.
Purwantiningsih, S. (2019). Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 3(1), 19-26.
Rosciano, A. (2015). The effectiveness of mind mapping as an active learning strategy among associate degree nursing students. Teaching and Learning in Nursing, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.teln.2015.01.003.
Saodah, E. (2022). Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Karangan Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Garut. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(1), 75-87.
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Menulis Cerita Pendek Kearifan Lokal Menggunakan Model Mind Mapping Siswa SD Kota Samarinda. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 171-184.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Cet 1). Angkasa.
Wasita, A. (2013). Seluk-Beluk Tunarungu & Tunawicara serta Strategi Pembelajaran (Cet ke-2). Jayalitera.
Wijeyanti, N. L. I., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tibubeneng Badung. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Windura, S. (2013). 1st Mind Map: Teknik Berpikir & Belajar Sesuai Cara Kerja Alami Otak untuk siswa, Guru, & Orang tua. PT Elex Media Komputindo.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indri Pudjiati, Herlina Usman, Maret Markus Harefa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work