Pengaruh Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Adinda Febry Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Sadieli Telaumbanua Universitas Prima Indonesia, Medan
  • Friska Ria Sitorus Universitas Prima Indonesia, Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model pembelajaran experiential learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Binjai. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test untuk dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model experiential learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes menulis yang terdiri dari pre-test dan post-test. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan uji hipotesis untuk membandingkan hasil pre-test dan post-test antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan menulis teks negosiasi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen adalah 89,20, sedangkan kelompok kontrol adalah 83,13. Hal ini menunjukkan bahwa model experiential learning lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model experiential learning dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi di sekolah menengah atas.

Keywords:

Experiential Learning, Keterampilan Menulis, Teks Negosiasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, D. B. (2019). Analisis Teks Dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori Dan Aplikatif). Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(2), 100-120.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Dhania, E. R., Anam, S., & Awalludin, A. (2019). Kemampuan dan Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 3 OKU dalam Menulis Teks Negosiasi. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 122-132.

Garrison, D. R., & Vaughan, N. D. (2018). Blended Learning in Higher Education: Framework, Principles, and Guidelines. Jossey-Bass.

Ghunu, Y. (2023). Teknik Menulis dengan Model Pembelajaran Terpadu Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. NTB: P4I.

Handoko, M. P., Fahmi, R. N., Kurniawan, F. Y., Artating, H., & Sinaga, M. S. (2019). Potensi Pengembangan Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 1(1), 22-29.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan menulis bahasa Indonesia. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice Hall.

Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ocampo, D., Santos, M., & Reyes, C. (2023). The Role of Experiential Learning in Developing Writing Skills among High School Students. Journal of Educational Research, 116(3), 412-425.

Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Suprayogi, S., Pranoto, B. E., Budiman, A., Maulana, B., & Swastika, G. B. (2021). Pengembangan Keterampilan Menulis Siswa SMAN 1 Semaka Melalui Web Sekolah. Madaniya, 2(3), 283-294.

Syukri, R. A., Bahri, A., & Khaltsum, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Fun Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51-60.

Tanwin, S. (2020). Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) dalam Upaya Internasionalisasi Universitas di Indonesia pada Era Globalisasi. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 2(2), 156-163.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.

Üzeyir Sügümlü, Hasan Hüseyin Mutlu, & Enes Çinpolat. (2019). Relationship Between Writing Motivation Levels and Writing Skills Among Secondary School Students. International Electronic Journal of Elementary Education, 11, 487–492. https://doi.org/10.26822/iejee.2019553345

Wilson, K., Brown, J., & Thomas, S. (2022). Experiential Learning and the Development of Critical Thinking Skills in Higher Education. Educational Studies, 48(2), 295-310.

Yetra, S., Izzati, I., & Yaswinda, Y. (2020). Pelaksanaan model Experiental Learning di PAUD Sekolah Alam Minangkabau. Jurnal Golden Age, 4(01), 90-99.

Downloads

Abstract Views : 343
Downloads Count: 303

Published

2024-08-30

How to Cite

Febry, A., Telaumbanua, S., & Sitorus, F. R. (2024). Pengaruh Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9404

Issue

Section

Articles