Pengaruh Model Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9206Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pengaruh model Think Talk Write terhadap kemampuan menulis karangan narasi peserta didik sekolah dasar. Kemampuan menulis karangan narasi masih berada pada tingkat yang rendah, sehingga sangat berpengaruh pada pencapaian hasil belajar dari peserta didik. Kesulitan tersebut terlihat dari penggunaan ejaan yang tidak sesuai dengan EYD dan penulisan yang tidak jelas. Penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dalam proses kegiatan belajar. Metode kuantitatif jenis Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah 26 peserta didik kelas IV C SDN Kenongo 1. Teknik pengumpulan data yang diterapkan di penelitian ini yaitu menggunakan lembar tes berbentuk Pretest serta Posttest dengan tes yang digunakan berupa uraian. Perhitungan uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan SPSS versi 26 untuk mengetahui valid atau tidak valid sebuah instrumen sebelum digunakan. Uji validitas dihitung menggunakan rumus Pearson Produc Momen dan uji reliabilitas menggunakan Crombach’s Alpha. Teknik analisis data yang diterapkan mencakup statistik deskriptif, uji normalitas dengan rumus uji Shapiro Wilk, dan uji hipotesis melalui uji Paired Sample t-test dengan hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi peserta didik sekolah dasar kelas IV C di SDN Kenongo 1.
Keywords:
Think Talk Write, Kemampuan Menulis, Karangan NarasiDownloads
References
Abidin, Z., & Ramadhan, G. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jornal of Elementary Education, 04(01), 23–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4331
Agusti, R., R, S., & Hakim, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930–942. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.820
Alawiyah, S. (2021). Model Pembelajaran Think Talk Write Dan Menulis Karangan Narasi Pada Era Disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1691–1700.
Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 301. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415
Dery, D. W., & Putra, K. E. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 25–37. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.338
Dewi, D. K., & Haryadi. (2022). PENGARUH MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS IV SD. Journal of Elemantary School (JOES), 5, 247–258.
Fadilla, I. R., Bella, A., Khairunnisa, U., & Ningsih, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9311/7041
Lucky, Y., & Julyanti, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7012
Luh, N., Yuni Arista, P., Semara Putra, N., & Kunci, K. (2019). Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284–292. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Mahpudin, Budi, F., & Praswastanti, M. T. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw). Prosiding Seminar …, 855–863. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/396%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/396/379
Nisrina, R. H., Kasmad, M., & ... (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan, 9(3), 546–555. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203
Nur, I., & Reskiyanti, T. (2021). “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar.” SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 38–44. https://ojs.unm.ac.id/societies/article/view/19418
Octavia, W. A. H., Satrijono, H., Hutama, F. S., Haidar, D. A., & Rukmana, L. P. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169–186. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.15
Rikmasari, R., & Kurniati, P. R. (2022). Peranan Model Think Talk Write (Ttw) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sd Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 20–28. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v9i2.3253
Rohmah, N. ’Ainur, Masfuah, S., & Setiawan, D. (2020). TTW Model Assisted by Rotating Wheel Media to Improve Elementary Students’ Critical Thinking Ability. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.26415
Saragih, J. Y., Girsang, M. L., & Indryani, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 101732. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 194–205. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i2.3483
Sawitri Pratiwi, N. P. D., Putra, M., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277
Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810
Suriani, I. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan model pembelajaran think talk write kelas v sd negeri 118273 mampang kecamatan kotapinang kabupaten labuhan batu selatan. In Irda Suriani] Dirasatul Ibtidaiyah (Vol. 2, Issue 2).
Wahyuni, A. C. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Media Flashcard Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write pada Pembelajaran Tematik Kelas 1B SDN Manukan Kulon. Journal on Education, 6(1), 1162–1173. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3062
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. 3(1), 51–57.
Wijayanto, P. N. (2020). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis kembali teks narasi pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 18–23. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i04.41891
Yulianti, R. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Pop-Up Book Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Kedunglegok Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2015/2016. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37943
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Putri Qurrotu A’yun, Vevy Liansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work