Pengaruh Model Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Putri Qurrotu A’yun Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vevy Liansari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pengaruh model Think Talk Write terhadap kemampuan menulis karangan narasi peserta didik sekolah dasar. Kemampuan menulis karangan narasi masih berada pada tingkat yang rendah, sehingga sangat berpengaruh pada pencapaian hasil belajar dari peserta didik. Kesulitan tersebut terlihat dari penggunaan ejaan yang tidak sesuai dengan EYD dan penulisan yang tidak jelas. Penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model pembelajaran yang sesuai dalam proses kegiatan belajar. Metode kuantitatif jenis Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Grup Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah 26 peserta didik kelas IV C SDN Kenongo 1. Teknik pengumpulan data yang diterapkan di penelitian ini yaitu menggunakan lembar tes berbentuk Pretest serta Posttest dengan tes yang digunakan berupa uraian. Perhitungan uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan SPSS versi 26 untuk mengetahui valid atau tidak valid sebuah instrumen sebelum digunakan. Uji validitas dihitung menggunakan rumus Pearson Produc Momen dan uji reliabilitas menggunakan Crombach’s Alpha. Teknik analisis data yang diterapkan mencakup statistik deskriptif, uji normalitas dengan rumus uji Shapiro Wilk, dan uji hipotesis melalui uji Paired Sample t-test dengan hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi peserta didik sekolah dasar kelas IV C di SDN Kenongo 1.

Keywords:

Think Talk Write, Kemampuan Menulis, Karangan Narasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., & Ramadhan, G. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jornal of Elementary Education, 04(01), 23–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4331

Agusti, R., R, S., & Hakim, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Narasi Berbasis Pendekatan Kontruktivisme di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 930–942. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.820

Alawiyah, S. (2021). Model Pembelajaran Think Talk Write Dan Menulis Karangan Narasi Pada Era Disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1691–1700.

Arifin, A. Z., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Think Talk Write Berbantu Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(3), 301. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19415

Dery, D. W., & Putra, K. E. (2019). Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 25–37. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.338

Dewi, D. K., & Haryadi. (2022). PENGARUH MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS IV SD. Journal of Elemantary School (JOES), 5, 247–258.

Fadilla, I. R., Bella, A., Khairunnisa, U., & Ningsih, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9311/7041

Lucky, Y., & Julyanti, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7012

Luh, N., Yuni Arista, P., Semara Putra, N., & Kunci, K. (2019). Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Literasi terhadap Keterampilan Menulis dalam Bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284–292. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Mahpudin, Budi, F., & Praswastanti, M. T. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw). Prosiding Seminar …, 855–863. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/396%0Ahttps://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/download/396/379

Nisrina, R. H., Kasmad, M., & ... (2021). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan, 9(3), 546–555. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203

Nur, I., & Reskiyanti, T. (2021). “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar.” SOCIETIES: Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 38–44. https://ojs.unm.ac.id/societies/article/view/19418

Octavia, W. A. H., Satrijono, H., Hutama, F. S., Haidar, D. A., & Rukmana, L. P. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169–186. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.15

Rikmasari, R., & Kurniati, P. R. (2022). Peranan Model Think Talk Write (Ttw) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Sd Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 20–28. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v9i2.3253

Rohmah, N. ’Ainur, Masfuah, S., & Setiawan, D. (2020). TTW Model Assisted by Rotating Wheel Media to Improve Elementary Students’ Critical Thinking Ability. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.26415

Saragih, J. Y., Girsang, M. L., & Indryani, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 101732. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 194–205. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i2.3483

Sawitri Pratiwi, N. P. D., Putra, M., & Sastra Agustika, G. N. (2020). Pengaruh Model Think Talk Write Berbantuan Multimedia terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 33. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24277

Soegiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.810

Suriani, I. (2022). Upaya meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan model pembelajaran think talk write kelas v sd negeri 118273 mampang kecamatan kotapinang kabupaten labuhan batu selatan. In Irda Suriani] Dirasatul Ibtidaiyah (Vol. 2, Issue 2).

Wahyuni, A. C. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Media Flashcard Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write pada Pembelajaran Tematik Kelas 1B SDN Manukan Kulon. Journal on Education, 6(1), 1162–1173. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3062

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. 3(1), 51–57.

Wijayanto, P. N. (2020). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis kembali teks narasi pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 8(4), 18–23. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i04.41891

Yulianti, R. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media Pop-Up Book Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Kedunglegok Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2015/2016. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37943

Downloads

Abstract Views : 687
Downloads Count: 286

Published

2024-10-09

How to Cite

A’yun, P. Q., & Liansari, V. (2024). Pengaruh Model Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.9206

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.