Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan Round Table Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD

Authors

  • Putri Prasetyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Sunardi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5901

Abstract

Tujuan penelitian adalah sebagai berikut:1) Untuk mengetahui perbedaan hasil efektivitas antara model pembelajaran CIRC dan Round Table dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD. Untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang memiliki hasil efektivitas yang lebih tinggi terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SD Gugus Dr. Soetomo yang terletak di Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil efektivitas pembelajaran menulis puisi antara menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition dan model pembelajaran Round Table. Perbedaan keterampilan menulis puisi terbukti dengan adanya selisih antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen 1 sebesar 21,91. Hasil pretest pada kelas eksperimen 2 menunjukkan selisih nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelas eksperimen sebesar 12,75. 2) Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition memiliki efektivitas lebih tinggi terhadap hasil belajar menulis puisi pada peserta didik kelas V SDN Karangduren 02.

Keywords:

Menulis Puisi, Cooperative Integrated Reading and Composition, Round Table

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Tipe Round Table Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN Seberang Pantai Kuantasi Singingi. Jurnal Pendidikan, 3.

Angyanur, D., Azzahra, S. L., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Gaya Belajar Siswa di MI/SD. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 41-51.

Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar.

Budayani, I. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Round Table Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Viii-5 Smp Negeri 30 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016. Suara Guru, 1(1), 41-54.

Dewi, D. K., & Haryadi, H. (2022). Pengaruh Model CIRC terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 247-258.

Gunawan, P. (2017). Penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing (SAMT) untuk meningakatan keterampilan menulis teks pengumuman Siswa kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 223-233.

Halimah, N. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019-5019.

Humaira, M. A. (2022). Analisis Makna pada Puisi “Kepada Peminta-Minta” Karya Chairil Anwar Menggunakan Pendekatan Semiotika. Karimah Tauhid, 1(5), 623-631.

Mahendra, Y. (2018). Manajemen karakter peserta didik melalui keterampilan menulis kritis. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(2), 199-209.

Marhayanti, A. (2018). Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa SMA. Jurnal Edukasi Khatulistiwa: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 9-20.

Ningrum, M., & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100.

Pratiwi, I., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas iv mi al-kamil kota tangerang. Berajah Journal: Jurnal Ilmiah Pembelajaran dan Pengembangan Diri, 2(1), 1-5.

Pratiwi, M., & Rofii, A. (2023). Learning Media of Animation in Elementary School: How to Improve Student’s Narrative Writing Skills. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.56916/jirpe.v2i1.461

Rahmayantis, M. D., & Lailiyah, N. (2021). Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 243-254.

Rakiyah, S., Suciawati, H., & Parinduri, N. P. (2023). Hubungan Antara Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas Viii Smp Suci Murni. Jurnal Curere, 7(1), 133-138.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356-1364.

Sahno, S. (2022). Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 53–58. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.18

Setiawati, I. (2020). Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 61-79.

Setiyaningsih, E. (2017). Model Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Siswa Kelas V SD. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori dan Praktik Pendidikan), 56.

Srinawati, E. Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Esai Melalui Penerapan Media Pembelajaran Film Pendek. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 25–29. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.6

Sugianto, A., Qomariah, M. S., & Alisha, A. N. (2023). 16. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Sebagai Need Assessment Pembelajaran Berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 520-531.

Tabelessy, N. (2019). Kreativitas Menulis Karangan Persuasi Siswa SMP. Jurnal Tahuri, 16(2), 35-46.

Wati, M. L. K., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Struktural Antologi Puisi Alarm Sunyi Karya Emi Suy. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 529-546.

Wuryani, W. (2013). Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya indonesia. Semantik, 2(2), 87-101.

Downloads

Abstract Views : 526
Downloads Count: 287

Published

2023-10-15

How to Cite

Prasetyaningtyas, P., & Sunardi, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dan Round Table Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1916–1922. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5901

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.