Pengembangan Instrumen Numerasi Domain Bilangan dalam Konteks Personal pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9132Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen numerasi domain bilangan dalam konteks personal pada siswa SMP. Instrumen adalah alat ukur dalam sebuah penelitian. Sebelum digunakan instrumen harus melewati proses analisis agar menghasilkan instrumen penelitian yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, reabilitas serta keefektifan instrumen tes numerasi domain bilangan dalam konteks personal pada siswa SMP dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate) yang dikembangkan oleh Lee dan Owens. Tahapan pada model ADDIE yaitu 1) analisis kebutuhan (Analysis); 2) rancangan produk (Design); 3) pengembangan produk (Development) yang juga divalidasi oleh para ahli; 4) implementasi (Implementation); dan 5) evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan temuan dalam penelitian yaitu, validitas instrumen setiap butir soal menunjukkan bahwa kelima butir soal valid, reliabilitas instrumen sebesar 0.734 yang menunjukan ketegori sangat baik dan keefektifan instrumen terdapat skor 81.56 yang memiliki tingkat efektivitas tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen tes numerasi domain bilangan dalam konteks personal pada siswa SMP valid, reliabel dan efektif digunakan untuk menilai kemampuan numerasi siswa kelas VIII SMP.
Keywords:
Instrumen, Numerasi, Siswa SMPDownloads
References
Arahmah, N., Suryani, D., & Hasanah, R. (2021). Pengambilan Keputusan Berbasis Numerasi: Konsep dan Aplikasi dalam Kehidupan Sehari-hari. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Baharrudin, B., Arifin, Z., & Suryani, L. (2021). Pentingnya Kemampuan Numerasi dalam Pembelajaran Matematika: Perspektif dan Implementasi. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Borg, W. ., & Gall, M. (1989). Educational Research : An Introduction. Longman, Inc.
Branch, R. M. (2018). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage Publications.
Darwanto, D., Haryanto, H., & Setiawan, R. (2021). Pengembangan Kemampuan Numerasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Surabaya: Penerbit Airlangga.
Dewi Fortuna, I., Yuhana, Y., & Novaliyosi. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Problem Based Learning untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1308–1321.
Fajriyah, N. (2022). Integrasi Kemampuan Numerasi dalam Kehidupan Sehari-hari. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Feriyanto, D. (2022). Numerasi dalam Konteks Pendidikan: Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2019). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Education.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi Gerakan Literasi Nasional. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hanafi, M. I. (2017). Research and Development dalam Pendidikan.
Hidayat, R., et al. (2021). The Effects of Personalized Contextualization in Developing Mathematics Instruments on Student Learning Outcomes. Journal of Educational Psychology, 113(4), 678-689.
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2019). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (7th ed.). Sage Publications.
Kurniawan, D. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 55-67.
Kim, S. (2021). Critical and Creative Thinking in Mathematics. Educational Studies in Mathematics, 17(2), 123-135.
Lee, K. (2020). Enhancing Problem-Solving Skills through Mathematics Education. International Journal of Mathematical Education, 15(4), 89-102.
Molenda, M. (2020). The ADDIE Model. In R. A. Reiser & J. V. Dempsey (Eds.), Trends and Issues in Instructional Design and Technology (4th ed., pp. 45-52). Pearson.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2020). Catalyzing Change in Middle School Mathematics: Initiating Critical Conversations. NCTM.
Nguyen, T. (2022). Mathematical Literacy and Numeracy in the 21st Century. Journal of Mathematics and Science Education, 19(1), 67-80.
Nisa, H., & Santosa, S. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Numerasi pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 16(1), 78-89.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.
Patel, R. (2023). The Impact of Mathematics Education on Cognitive Development. International Review of Education, 20(3), 112-125.
Puspaningtyas, T., & Ulfa, M. (2020). Numerasi Matematika dalam Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Gramedia.
Putra, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Konteks Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 233-246.
Rahmawati, E., & Fauzi, A. (2022). Inklusivitas dalam Pengembangan Instrumen Numerasi: Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Inklusif, 10(1), 67-79.
Sarama, J., & Clements, D. H. (2019). Early Childhood Mathematics Education Research: Learning Trajectories for Young Children. Journal of Mathematical Behavior, 54, 124-143.
Sari, R. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 45-56.
Smith, J. (2019). The Role of Mathematics in Modern Education. Journal of Educational Research, 12(3), 45-57.
Sukardi. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa, 5(2), 148–158.
Wijaya, A. (2020). Contextual Mathematics Tasks: The Link Between Context and Mathematical Thinking. Journal of Mathematics Teacher Education, 23(2), 161-179.
Yasin, M., Nindiasari, H., & Sukirwan. (2023). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Konteks Sosial Budaya di SMK Plus Pakuhaji. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 700-708.
Yunarti, D., & Amanda, S. (2022). Kemampuan Numerasi dalam Pembelajaran: Pendekatan dan Strategi. Bandung: Penerbit Mizan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anindya Kirana Putri Ningrum, Hepsi Nindiasari, Aan Hendrayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work