In House Training Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menulis PTK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8673Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa efektif pelatihan internal di lembaga dalam meningkatkan keterampilan guru dalam merancang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMP Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh. Dengan menggunakan metode quasi eksperimen, penelitian ini melibatkan 47 guru sebagai populasi, di mana 42 responden dipilih sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan Purposive Sampling. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan adanya perubahan signifikan dalam kemampuan menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari para responden setelah mengikuti pelatihan in house training (IHT). Sebelumnya, mayoritas responden menghadapi tantangan dengan nilai pretest yang rendah dan mayoritas dari mereka memperoleh kategori nilai buruk. Namun, setelah mengikuti pelatihan, terjadi peningkatan yang signifikan, dengan sebagian besar responden berhasil mencapai kategori nilai baik dalam postest mereka. Analisis statistik yang dilakukan memperkuat temuan ini dengan menegaskan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa pelatihan IHT memiliki dampak yang positif dan substansial dalam meningkatkan kompetensi guru dalam menulis PTK di lingkungan SMP Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh tahun 2023. Oleh karena itu, temuan dari penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan profesionalisme guru serta peningkatan kualitas pendidikan di tingkat lokal.
Keywords:
In House Training, pelatihan, PTKDownloads
References
Alfaris, S. (2012). Peningkatan kemampuan guru mata pelajaran melalui in-house training. Jurnal Pendidikan Penabur, 18, 11, Juni.
Astuti, Suhandi, dkk. (2017). Peningkatan kemampuan guru sekolah dasar dalam penyusunan instrumen ranah sikap melalui in-house training. Jurnal Kelola, 4, 37-47.
Bugin, B. (2007). Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Corinorita. (2017). Pelaksanaan in-house training untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora.
Dahlan, M. S. (2009). Besar sampel dan cara pengambilan sampel dalam penelitian kedokteran dan kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Danim, S., & Khairil. (2011). Profesi kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Engkoswara, dkk. (2012). Administrasi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Heldy, E. (2011). Meningkatkan kemampuan guru dalam membuat PowerPoint melalui in-house training di SMK Teknik Industri Purwakarta.
Fauzi, I. K. A. (2011). Mengelola pelatihan partisipatif. Bandung: Alfabeta.
Freeman, D. L. (2000). Techniques and principles in language teaching. New York: Oxford University Press.
Giarti, S., & Astuti, S. (2016). Implementasi TQM melalui pelatihan model in-house training untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru SD. Jurnal Scholaria, 6(2), 80.
Wasito, H. (1995). Pengantar metodologi penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Indrawan, & Yaniawati, P. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk manajemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Musfah, J. (2011). Peningkatan kompetensi guru. Jakarta: Kencana.
Jogiyanto. (2014). Teori portofolio dan analisis investasi (Edisi ke-10). Yogyakarta: BPFE.
Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Lion, E. (2015, Juni). Kemampuan profesional guru dalam pembelajaran efektif. Jurnal Online JPIPS, 3.
Nugroho, M. S. (2015). Keefektifan in-house training pekerja beton dalam meningkatkan kompetensi profesional guru teknik bangunan SMK Negeri 2 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Marwansyah. (2010). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, dkk. (2016). Guru yang profesional. Bandung: Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Seriana, Panigoran Siburian, Friska Ria Sitorus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work