Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Materi Penelitian Geografi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6421Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Cileungsi dalam mata pelajaran Penelitian Geografi serta mengeksplorasi upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum sepenuhnya menguasai materi Penelitian Geografi dan banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Faktor-faktor internal seperti kurangnya perhatian, minat, dan motivasi siswa terhadap materi, bersama dengan faktor eksternal seperti metode pengajaran dan ketersediaan infrastruktur di sekolah, mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Guru telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini, termasuk menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk menyelaraskan pembelajaran dengan kurikulum, meningkatkan perhatian siswa dengan pertanyaan acak dan tes tak terduga, serta membentuk kelompok belajar untuk mendukung pemahaman siswa. Namun, kesulitan belajar siswa masih terjadi karena kurangnya minat dan fokus siswa serta keterbatasan infrastruktur. Faktor-faktor seperti kebosanan siswa terhadap metode pengajaran, kurangnya minat terhadap materi, dan keterbatasan infrastruktur menjadi hambatan utama dalam mengatasi kesulitan belajar. Meskipun guru telah melakukan upaya, masih diperlukan langkah-langkah lebih lanjut untuk meningkatkan minat, fokus, dan pemahaman siswa terhadap materi Penelitian Geografi.
Keywords:
kesulitan belajar, geography learning, Faktor PenyebabDownloads
References
Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 45-50.
Ackerman, E. A. (1963). Where is a Research Frontier? 1, 2. Annals of the Association of American Geographers, 53(4), 429–440. https://doi.org/10.1111/j.1467-8306.1963.tb00458.x
Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azis, M., & Adila, N. S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100-110.
Dimyati, & Mulyono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dinatha, N. M. (2017). kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2).
Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran (3 ed.). Bandung: Refika Aditama.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nafisyah, I. (2022). Problematika Pembelajaran Daring Anak Mengalami Kesulitan Belajar" Disleksia". Jurnal Golden Age, 6(1), 291-302.
Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14-28.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syafmen, W. (2015). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika di SMA (studi kasus SMA N. 11 Kota Jambi). Kreatif, 17(3).
Tahir, M. R., Rahman, U., & Nursalam, N. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 86-102.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sintia Dwi Apriyani, Indah Meitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work