Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Materi Penelitian Geografi

Authors

  • Sintia Dwi Apriyani mahasiswa
  • Indah Meitasari Universitas Muhammadiyah Prof DR. HAMKA, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6421

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesulitan belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Cileungsi dalam mata pelajaran Penelitian Geografi serta mengeksplorasi upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum sepenuhnya menguasai materi Penelitian Geografi dan banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Faktor-faktor internal seperti kurangnya perhatian, minat, dan motivasi siswa terhadap materi, bersama dengan faktor eksternal seperti metode pengajaran dan ketersediaan infrastruktur di sekolah, mempengaruhi kesulitan belajar siswa. Guru telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini, termasuk menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk menyelaraskan pembelajaran dengan kurikulum, meningkatkan perhatian siswa dengan pertanyaan acak dan tes tak terduga, serta membentuk kelompok belajar untuk mendukung pemahaman siswa. Namun, kesulitan belajar siswa masih terjadi karena kurangnya minat dan fokus siswa serta keterbatasan infrastruktur. Faktor-faktor seperti kebosanan siswa terhadap metode pengajaran, kurangnya minat terhadap materi, dan keterbatasan infrastruktur menjadi hambatan utama dalam mengatasi kesulitan belajar. Meskipun guru telah melakukan upaya, masih diperlukan langkah-langkah lebih lanjut untuk meningkatkan minat, fokus, dan pemahaman siswa terhadap materi Penelitian Geografi.

Keywords:

kesulitan belajar, geography learning, Faktor Penyebab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A., & Hidayat, M. Y. (2018). Faktor-faktor kesulitan belajar fisika pada peserta didik kelas IPA sekolah menengah atas. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 45-50.

Ackerman, E. A. (1963). Where is a Research Frontier? 1, 2. Annals of the Association of American Geographers, 53(4), 429–440. https://doi.org/10.1111/j.1467-8306.1963.tb00458.x

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2016). Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azis, M., & Adila, N. S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100-110.

Dimyati, & Mulyono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dinatha, N. M. (2017). kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2).

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran (3 ed.). Bandung: Refika Aditama.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nafisyah, I. (2022). Problematika Pembelajaran Daring Anak Mengalami Kesulitan Belajar" Disleksia". Jurnal Golden Age, 6(1), 291-302.

Pautina, A. R. (2018). Aplikasi Teori Gestalt Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 14-28.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Syafmen, W. (2015). Identifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika di SMA (studi kasus SMA N. 11 Kota Jambi). Kreatif, 17(3).

Tahir, M. R., Rahman, U., & Nursalam, N. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 86-102.

Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2014). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Abstract Views : 911
Downloads Count: 1184

Published

2023-12-31

How to Cite

Apriyani, S. D., & Meitasari, I. (2023). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Melalui Materi Penelitian Geografi . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2192–2199. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6421

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.