Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 13 Ampenan dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6015Abstract
Studi ini menginvestigasi hubungan antara keterampilan komunikasi siswa dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah dasar. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilakukan di SDN 13 Ampenan untuk mengidentifikasi pentingnya keterampilan komunikasi dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa secara umum berada pada tingkat yang baik, dengan aspek terbaik adalah kemampuan menggunakan bahasa yang efektif. Namun, terdapat tantangan dalam mengeluarkan ide dan pemikiran secara efektif. Meskipun demikian, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn secara umum mencapai tingkat baik, dengan mayoritas siswa memperoleh nilai cukup. Analisis statistik menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara keterampilan komunikasi siswa dan hasil belajar mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan keterampilan komunikasi siswa dalam konteks pembelajaran. Dalam menghadapi kompleksitas pembelajaran abad ke-21, guru dan pendidik perlu memperhatikan aspek interpersonal siswa selain aspek kognitif. Temuan ini memberikan landasan bagi pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan komunikasi siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara signifikan pada mata pelajaran PPKn.
Keywords:
Keterampilan Komunikasi, Hasil BelajarDownloads
References
Alaon, C. L., Delos Santos, J., & San Jose, A. (2023). Improving Speaking Communication Skills in English through Self-Directed Strategy. International Journal of Educational Innovation and Research, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31949/ijeir.v2i1.2920
Anisah, N., Padillah, S. P., Barus, P., Sepriandito, R., Rusdi, M., Hasibuan, R. B., & Kustiawan, W. (2022). Psikologi komunikasi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 1705-1715.
Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11-28.
Experenza, P., Isnaini, M., & Irmita, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 81-93.
Gajić, A., Arsić, B. ., Vidojković, S. ., Maćešić-Petrović, D. ., & Bašić, A. . (2022). The use of stimulus-stimulus pairing procedure in inducing vocal speech with nonverbal child with autism spectrum disorders. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i2.2478
Mahadi, U. (2021). Komunikasi pendidikan (urgensi komunikasi efektif dalam proses pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80-90.
Ningrum, A. R., & Putri, N. K. (2020). Hubungan Antara Keterampilan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 177-186.
Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639-1646.
Purnaningrum, W. D. (2023). Hubungan Komunikasi Verbal dengan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Prasekolah di TKIT Harapan Ummat Ngawi. Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa, 1(2), 215-227.
Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307.
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Toifur, A., & Kurniawan, W. D. (2022). Efektivitas metode pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(2), 148.
Wahyuningrum, S. R., Putri, A. P., & Jamaluddin, M. (2021). Pre-Experimental Design Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa di SMK Kesehatan Nusantara. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 18(1), 14-28.
Wilhalminah, A., Rahman, U., & Muchlisah, M. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Biotek, 5(2), 37-52.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lolita Yulis Pusvita, Nurhasanah, Dyah Indraswati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work