Dukungan Pendidikan Agama Kristen dan Gereja Dalam Menjaga Kesehatan Mental Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8626Abstract
Kesehatan mental mencerminkan kondisi emosional dan psikologis yang positif di mana seseorang dapat menggunakan kemampuan kognitif dan emosionalnya secara efektif, berinteraksi dengan baik dalam lingkungannya, dan memenuhi tuntutan kehidupan sehari-hari. Lingkungan sosial dan kejadian sekitar memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang. Pendidikan Kristen mengajarkan bahwa kesehatan adalah hasil dari keseimbangan antara kesehatan fisik, mental, kerohanian, dan sosial. Meskipun iman Kristen dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan, gangguan mental masih mungkin terjadi. Orang Kristen diajarkan untuk membawa beban mereka kepada Tuhan dan mencari kekuatan dalam iman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan, merujuk pada literatur artikel publikasi, website terkait, serta buku-buku elektronik maupun fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mental yang baik mencakup keseimbangan kondisi psikis dan emosi yang memungkinkan seseorang menjalani kehidupan sehari-hari dengan produktif. Perspektif Alkitab menekankan hubungan yang kuat dengan Tuhan sebagai bagian dari kesehatan mental. Tokoh-tokoh Alkitab seperti Elia, Yeremia, dan Daud menunjukkan bahwa bahkan orang beriman pun dapat menghadapi pergumulan mental. Pendidikan agama Kristen berperan penting dalam membentuk kesehatan mental positif remaja dengan menanamkan nilai-nilai iman dan memberikan dukungan spiritual. Gereja juga memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan mental anggotanya melalui pelayanan pastoral dan komunitas yang mendukung. Dukungan emosional dan kerohanian dari gereja dapat membantu anggota jemaat mengatasi masalah mental dan mencapai kesejahteraan sepenuhnya.
Keywords:
Pendidikan Agama Kristen, Gereja, Kesehatan MentalDownloads
References
Analisah, I. S. (2017). Trauma psikologis tokoh utama dalam novel matahari untuk lily karya rini zabirudin. In UMSurabaya Repository.
Azizah, M. R. (2021). Deteksi dini mental illness dengan metode case base reasoning laporan akhir. Universitas Negeri Jember.
Elias, T. F. E., & Marlessy, C. F. (2021). Peran Gereja Terhadap Konseling pastoral dalam menjangkau penderita gangguan jiwa di wilayah kota sorong. Eirene, 6(1), 229–2251.
Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan Mental. Duta Media Publishing.
Fariha. (2023). Kesehatan mental optimal: kunci utama meningkatkan kinerja personal dan profesional. Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Fuqua, D. (2022). Rest for the anxious mind — a walk through elijah’s desperation. IBelieve.
Galeniece, A., & Galenieks, E. (2023). Challenges of depression: biblical background and impact on the dynamics of family relationships. Journal of Family Research and Practice, 3(1), 39–59.
Isralowitz, R., & Reznik, A. (2015). Impact of religious Education and religiosity on adolescent Alcohol use and risk-taking behavior. Religious Education, 110(3), 303–310. https://doi.org/10.1080/00344087.2015.1039388
Jannatun, N. (2018). Agama dan kesehtan mental (studi terhadap jemaat gereja masehi advent hari ketujuh, timoho, yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Jatmiko, B., Kawengian, S. E. E., & Kapoyos, K. (2021). Manajemen emosi di masa pandemi. SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 10(2), 99–124. https://doi.org/10.46495/sdjt.v10i2.101
Johnson, D. E. (2023). Understanding the relationship between mental health and spiritual warfare for pastoral care ministry. Bethel University.
Kasingku, J. D. (2023). The role of healthy food to improve the physical and spiritual health of students. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(3), 853. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i3.5891
KBBI. (2024). Gereja. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Lantupa, K. R., Kalintabu, H., & Awuy, P. O. (2022). Orangtua Dan Gereja Dalam Menjaga Kesehatan Mental Anak Remaja. Humanlight: Journal of Psychology, 3(2), 88–101. https://doi.org/10.51667/jph.v3i2.1203
Marvin, D. (2020). 5 people in the bible who struggled with depression. The Porch. https://www.theporch.live/blog/5-people-in-the-bible-who-struggled-with-depression
Merriam-Webster. (2024). Mental Health. In Merriam-Webster.
Novianti, D. (2023). Isu kesehatan mental (mental health) dan peranan pelayanan konseling pastoral kristen. Jurnal Kadesi, 5(1), 137–162. https://doi.org/10.54765/ejurnalkadesi.v5i1.59
Nurjanah, Cahyono, N. A. S., & Fathan, M. N. (2023). Pengaruh puasa terhadap kesehatan tubuh, kesehatan mental, dan prestasi belajar. Journal Islamic Education, 1(4), 71–84.
Pratama, R. J., & Yasa, I. N. M. (2020). Perancangan buku ilustrasi sebagai media informasi tentang stres. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.30812/sasak.v2i2.864
Rokom. (2021). Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/
Ruimassa, A. A. (2023). Memahami psikologi perkembangan remaja sebagai upaya merencanakan pelayanan pastoral yang peka kesehatan mental remaja. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 7(2), 769–784. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.845
Siby, R., & Kasingku, J. D. (2024). Pengaruh rekreasi sebagai sarana pendidikan dalam meningkatkan kesehatan mental siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 416–424. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.7851
Smith, N. A., & Pius X, I. S. (2024). Peran gereja dalam menanggapi isu kesehatan mental. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(1), 153–161. https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i1.255
Sudrajat, A. (2023). Kontribusi pendidikan agama pada kesehatan mental remaja di lingkungan sekolah. Jurnal Tinta, 5(1). https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v5i1.940
Tan, E. (2021). Jiwa yang tertekan. Kementerian Agama Republik Indonesia.
Tatubeket, R., Marampa, E. R., Undras, I., & Combi, J. S. (2023). Peran guru pendidikan agama kristen dalam membentuk mental positif generasi milenial. Matheteuo: Religious Studies, 3(1), 52–67. https://doi.org/10.52960/m.v3i1.228
Walean, R. R., Messakh, J. J., Siagian, L. E., Harefa, F., & Harefa, K. (2024). Peran pendidikan agama kristen bagi remaja dalam menghadapi tantangan zaman di era digital. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 9(1), 68–80. https://doi.org/10.33541/rfidei.v9i1.201
Welan, D. C., Wangean, C. N., & Kasingku, J. D. (2023). Integrasi Pendidikan Rohani: Pengaruh Membaca Firman Terhadap Kesehatan Mental. Journal on Education, 6(1), 7858–7867. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4189
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juwinner Dedy Kasingku, Jones Ted Lauda Woy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work