PENERAPAN PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 2 PALIMANAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.523Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa SMP pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan Metakognitif dipilih sebagai solusi dari permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Palimanan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan Pendekatan Metakognitif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus tindakan dengan subyek penelitian siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Palimanan Cirebon. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan pendekatan metakognitif. Dengan demikian disimpulkan Penerapan Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords:
hasil belajar, pendekatan metakognitif, bahasa indonesiaDownloads
References
Ariati, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemahiran Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X IPS-1 Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Ayuningrum, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Berbahasa Melalui Model Pembelajaran Kreatif Produktif di SMK Islam PB. Soedirman 1. Jurnal Visipena, 8 (2), 351-372.
Hanikah, H. (2019). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal PGSD, 3(2), 9-16. https://doi.org/10.32534/jps.v3i2.795
Hayati, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca dan Menulis melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. EDISI, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.36088/edisi.v1i1.325
In’am, A. (2012). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Metakognitif. Malang: Selaras Perum Pesona Griya Asri.
Kusiah, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Kompetisi Dan Aktifitas (Kompak). Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 171-176. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.286
Lubis, B. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Kelas VIII-10 SMP Negeri 4 Medan TP 2013/2014. Jurnal Handayani PGSD FIP UNIMED, 2(2).
Maulana, H. (2016). Strategi Metakognitif Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Inggris. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).
Mukhlis, A. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan. Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban
Musliha, N. N. (2017). Penerapan Strategi Reading Aloud Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Rakyat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(02).
Nurasyiyah, D. A. (2014). Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Pencapaian Kemampuan Koneksi Data Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. JPM, 6(2), 115-125.
Nurtikasari, E., & Fahri, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas III MI Nurul Huda 1 Curug. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 42-51.
Rohmanurmeta, F. M. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Metode Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 37(1), 24-31.
Sudiarta, I., & Putu, G. (2007). Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Pemecahan Masalah dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Statistika Matematik I Tahun 2006/2007. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, 40(3), 590.
Sugiyono, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Melaporkan Isi Buku Melalui Pendekatan Komunikatif Metode SQ2R Pada Siswa Kelas 6 SDN Kramat Sukoharjo 03 Jember. Pancaran Pendidikan, 3(3), 123-134.
Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work