Perkembangan Aspek Sintaksis Pada Bahasa Pertama Anak Usia 3,5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4504Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan bentuk pemerolehan bahasa pertama anak usia 3,5 tahun pada pemerolehan sintaksis. Kajian difokuskan pada bentuk kalimat deklaratif, kalimat interogatif dan kalimat imperatif. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan teknik observasi non-partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi dalam bentuk perekaman bentuk video kemudian ditranskripkan dan dicatat data yang diperlukan. Analisis data menggunakan metode padan referensial. Penelitian berlokasi di desa Butuh, Kecamatan Tengaran yang dilaksanakan selama 2 bulan. Informan adalah anak perempuan berusia 3 tahun 6 bulan. Orang tua informan dalam kesehariannya berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan menjadi bahasa pertama yang diperoleh oleh informan. Hasil analisis pemerolehan sintaksis dalam bentuk kalimat, diketahui bahwa pemerolehan bahasa pada perkembangan sintaksis sebagian besar dibentuk oleh kalimat deklaratif sebanyak 56%, kalimat interogatif sebanyak 25% dan terakhir kalimat imperatif sebanyak 19%. Bentuk kalimat deklaratif akan mendominasi bahasa anak yang sudah memasuki tahap menghasilkan suatu bahasa yang kompleks dalam ranah sintaksis. Dilihat dari perspektif sintaksis, dapat dikatakan bahwa anak 3,5 tahun sudah mampu berbicara dengan cara yang sesuai dengan struktur sintaksis dan menyampaikan makna. Selain itu, ia mampu memahami maksud orang lain.
Keywords:
Pemerolehan bahasa pertama, sintaksis, anak usia diniDownloads
References
Choirunnisa, B. C. (2020). Peranan Ibu dalam Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4-5 tahun. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.32938/jbi.v5i1.433
Dari, U., & Nadya, N. L. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun dalam Bidang Sintaksis. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 3(2), 67. https://doi.org/10.52333/didactique.v3i2.931
Ekawati, M. (2018). Kesantunan Semu pada Tindak Tutur Ekspresif Marah Dalam Bahasa Indonesia. Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(1), 1. https://doi.org/10.14421/ajbs.2017.01101
Farizka, P. A., Siti Samhati, & Iing Sunarti. (2019). Penggunaan Kalimat Berdasarkan Makna dalam Kegiatan Diskusi.pdf. Jurnal Kata Bahasa, Sastra dan Pembahasannya, 7(2).
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, 18(1), 63–75.
Ismail, J. (2016). Tindak Tutur dalam Film “Surat Kecil Untuk Tuhan” Karya Harris Nizam: Sebuah Tinjauan Pragmatik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa. EDUKASI, 14(1). https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i1.185
Jazuli, A. (2019). Modus Kalimat Perintah dan Larangan Dalam “Asbab Wurud Al-Hadits” Karya Imam Suyuthi Kajian Pragmatik. Jurnal CMES, 12(1), 38. https://doi.org/10.20961/cmes.12.1.34870
Khomsiyatun, U. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di PAUD Wadas Kelir Purwokerto. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak, 1(1), 95. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5160
Maharany, ndi F. (2016). Gejala Fonologis Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Permata Hati Kota Kendari. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 1(2).
Natsir, N. (2017). Hubungan Psikolinguistik dalam Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Jurnal Retorika, 10(1), 10.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 05(03), 182–186.
Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 375–381. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1025
Pramita, C. (2019). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3;5 Tahun (Studi Kasus pada Raja). Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 8. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.34356
Sahasti, J. P. (2020). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2-3 Tahun melalui Metode Bernyanyi di PAUD Nur Insani Piyaman, Wonosari, Gunungkidul. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 16(2), 198. https://doi.org/10.26499/mm.v16i2.845
Salnita, Y., Atmazaki, & Abdurrahman. (2019). Language Acquisition for Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 119–126. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.159
Saputri, R. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan (JURNALISTRENDI), 4(1), 210–214.
Setiani, F., Wiguna, A., & Setiawan, W. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Anak. Jurnal Paedagogie, 5(2), 111–119.
Simanjuntak, M. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak (Kajian Mean Length Of Utterence ‘Mlu’) Luzca Fortunata Roito Situmorang (Anak Usia Satu Tahun Sebelas Bulan). EDUKASI KULTURA : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(1). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11699
Siregar, C. B., & Sari, R. M. (2016). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 7 Tahun 3 Bulan dalam Bidang Sintaksis. Jurnal Edukasi Kultura, 3, 8–18. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.5189
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sudrajat, A., & Suntini, S. (2018). Analisis Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Satu Tahun sampai Usia Lima Tahun di Kelurahan Cigintung. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 190–198.
Syaprizal, M. P. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa pada Anak. Jurnal AL-HIKMAH, 1(2), 75–86.
Usman, H. (2015). Studi Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun (Kajian Sintaksis).pdf. JLT – Jurnal Linguistik Terapan Politeknik Negeri Malang, 5(2), 16–27.
Yanti, Z. P. (2022). Pemerolehan Morfologi (Verba) pada Anak Usia 3 dan 4 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter, 4(2), 12–16.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khasna Athiurobbi, Norwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work