Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Picture and Picture Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi

Authors

  • Ari Wicaksono Wibowo Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara pembelajaran think talk write (TTW) dan pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik kelas V di SD Pangudi Luhur Ambarawa dan untuk mengetahui diantara pembelajaran think talk write dan strategi pembelajaran picture and picture yang memiliki tingkat efektifitas lebih tinggi terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V di SD Pangudi Luhur Ambarawa. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran think talk write dan model pembelajaran picture and picture (X). Variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran siswa kelas bahasa indonesia V SD (Y). Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Pada penelitian ini uji analisis statistik terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t atau uji beda rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi yang ditnjukkan dengan hasil uji-t posttest think talk write dan picture and picture, di mana nilai signifikansi berdistribusi lebih besar dibandingkan dengan standar signifikansi. Model pembelajaran picture and picture memiliki efektivitas lebih baik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas V SD Pangudi Luhur Ambarawa dibandingkan TTW. Pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi dengan nilai signifikansi berdistribusi lebih besar dibandingkan dengan standar signifikansi.

Keywords:

Keterampilan Menulis, Think Talk Write, Picture and Picture

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apryliana, A. (2019). Pembelajaran Menulis Artikel Berbasis Strategi Think-Talk-Write Untuk Mahasiswa PBSI UMUS. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 2(1), 211-221.

Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Damanik, E., & Tansliova, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW untuk Menulis Karangan Persuasi. Artikulasi: Jurnal Pendidikan, 2(1), 41-47.

Gaffar, A. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 10-21.

Khalim, A. R., & Oktapiani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Akademika, 9(01), 109-126.

Octavia, W. A. H., Satrijono, H., Hutama, F. S., Haidar, D. A., & Rukmana, L. P. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169-186.

Parmika, D. M., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(3), 129-136.

Ramadayanti, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV MIS Ubudiyah Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127-142.

Saragih, J. Y., Girsang, M. L., & Indryani, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 101732. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 7(2), 194-205.

Setyaningsih, E. (2019). Pengaruh Remedial Teaching Model Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Siswa Read-Write Style pada Konsep Momentum dan Impuls (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan. Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Viona, A. (2022). Penggunaan Media Tik Tok Pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas Vii Mts Negeri 2 Jakarta Tahun Pelajaran 2022/2023 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Wati, M. L. K., & Haryati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi. GERAM, 10(1), 109-116.

Wiyati, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 88-95.

Downloads

Abstract Views : 567
Downloads Count: 480

Published

2023-07-09

How to Cite

Wibowo, A. W., & Setyaningtyas, E. W. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Picture and Picture Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1213–1219. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5151

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.