Internalisasi Nilai Tasamuh Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2814Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara utuh mengenai manajemen internalisasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 6 Cimahi. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah wakasek kurikulum, guru pendidikan agama islam dan siswa. Hasil penelitian ini adalah terdapat tiga bentuk internalisasi nilai tasamuh yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Cimahi, yaitu melalui pembelajaran PAI di kelas, budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap transformasi nilai terdapat dalam kegiatan pengenalan, tahap transaksi nilai terdapat dalam pembiasaan dan keteladanan, dan tahap transinternalisasi nilai terdapat pada pengamalan. Perencanaan internalisasi nilai tasamuh dalam pembelajaran PAI di SMAN 6 Cimahi direncanakan melalui rapat dan tersirat dalam program pembelajaran di dalam kelas melalui PAI dan di luar kelas melalui budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah internalisasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Cimahi hasilnya baik. Faktor pendukung internalisasi nilai tasamuh dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Cimahi yaitu kebijakan negara, kebijakan kepala sekolah, guru yang kompeten, budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, akses fasilitas adil dan kesadaran heterogen.
Keywords:
Internalisasi nilai, Tasamuh, Pembelajaran PAIDownloads
References
Amar, A. (2021). Telaah Kritis Atas Kompetensi Toleran dalam Kurikulum Program Keagamaan Madrsah Aliyah. Cendekia, 13(02), 166-183.
Arrodhi, M. H. (2021). Implementasi Nilai Moderasi Pada Materi Tasamuh Mata Pelajaran Akidah Akhlak. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(01), 37-49.
Burhanudin, T(2001). Akhlak Pesantren Solusi bagi Kerusakan Akhlak. Yogyakarta: ITTAQA Press.
Djollong, A. F., & Akbar, A. (2019). Peran guru pendidikan agama islam dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar ummat beragama peserta didik untuk mewujudkan kerukunan. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 72-92.
Fadilah, N. (2018). Internalisasi nilai-nilai tradisi tasamuh dan ta'awun dalam membentuk kepribadian santri: kasus Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Al-Islami Jl Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung RT03 RW08 (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta
Gunawan, D. R. M. (2022). Internalisasi Nilai Tasamuh dan Tawazun dalam Membentuk Karakter pada Siswa MTs Ma’arif NU Kota Malang. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang)
Herman, D. M., & Rijal, M. (2018). Pembinaaan Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja Kota Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(2), 224-239.
Jamarudin, A. (2016). Membangun Tasamuh Keberagamaan Dalam Perspektif Al-Qur’an. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 8(2), 170-187.
Masruroh, S. A. (2019). Internalisasi Nilai Tasamuh dalam Tubuh Organisasi Masyarakat pada Ormas NU, Muhammadiyah dan LDII di Desa Jogoroto. MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(01), 22-32.
Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam; Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nugraha, C. C., Noor, E. T., & Mustofa, T. (2021). Menanamkan Sikap Toleransi pada Masyarakat Multikultural dalam Persfektif Tafsir Al-Azhar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 745-751.
Pertiwi, P. L. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi Dalam Sistem Boarding School di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Bashiroh Turen-Malang. Rahmatan Lil Alamin: Journal Of Peace Education And Islamic Studies, 1(1), 57-57.
Rosyid, M. (2014). KonseKuensi pendidikan Bagi pemeluK agama lokal: analisis Kebijakan pendidikan. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1).
Rujika, S. U., & Rif'an, A. L. I. (2019). Perubahan perilaku negatif siswa melalui penerapan team game tournament (tgt) pada materi akhlak terpuji di kelas viii mts al-munawwaroh-kab. Malang. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 192-207.
Saputra, R. E. (2018). Api Dalam Sekam: Keberagamaan Generasi Z. Jakarta: Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM): UIN Syarif Hidayatullah.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159-177.
Shoimin, A. (2014). Guru Berkarakter untuk implementasi pendidikan karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Wahyunianto, S. (2019). Impelentasi Pembiasaan Diri Dan Pendidikan Karakter:(Sebagai Pengantar). Deepublish.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diky Novanshah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work