Manajemen Pembelajaran menggunakan Metode Takmili untuk meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis dan Menghafal Al-Qur’an

Authors

  • Suhendra Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2813

Abstract

Latar belakangi penelitian ini adalah kurangnya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga berdampak terhadap kualitas pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, masalah dan solusi metode takmili dalam pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek perencanaan metode takmili di Madrasah Ibtidaiyah melibatkan berbagai pihak yakni yayasan, komite, kepala madrasah dan dewan guru yang meliputi penetapan tujuan, penentuan materi, kegiatan dan alat evaluasi yang akan digunakan. Pada aspek pelaksanaan metode takmili hafalan Al-Qur’an terdiri dari tiga kegiatan yakni pendahuluan, inti dan penutup. Pada aspek evaluasi hafalan Al-Qur’an ada dua jenis yaitu evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan setiap minggu, tengah semester, akhir semester dan akhir kelulusan. Masalah yang dihadapi dalam metode takmili adalah terdiri dari tingkat kematangan usia, perbedaan tingkat kemampuan dan kurangnya kemauan atau motivasi siswa untuk menghafal. Solusi dalam menghadapi masalahnya adalah meningkatkan kompetensi guru, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan usia dan karakter siswa sehingga anak fokus dan termotivasi serta tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Keywords:

metode takmili, membaca, menulis, menghafal, Al-Qur’an

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S. (2017). Penyelenggaraan Pendidikan Takhfidzul Qur’an pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Nurul Iman Kota Tasikmalaya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. 15(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.171

Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14.

Fauziyah, N. (2013). Faktor penyebab kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas XI jurusan keagamaan di MAN Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 99-108.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip kontinuitas dalam evaluasi proses pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89-102.

Halim, A. (2020). Manajemen Pengelolaan Kelas Tahfid Terhadap Peningkatan Hafalan Qur'an. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 129-155.

Hisam, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di STIU Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Mubarok, Megamendung, Bogor, Jawa Barat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).

Ini, I. N., & Komariyah, L. (2021). Pengaruh Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Dan Revitalisasi Fungsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Di Lima Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 84-93.

Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep pendidikan Hafidz Qur’an pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30.

Maemunah, M. (2021). Metode Muraja’ah Hafalan Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah At Tamimi. Jieco: Journal of Islamic Education Counseling, 1(2), 97-109.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan. Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwah, K. (2021). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Smp Rahmat Islamiyah Medan (Doctoral dissertation, UMSU).

Muazir, M., Alim, A., & Al-Hamat, A. (2019). Penanaman Adab Penghafal Al-Quran Di Sekolah Dasar Islam. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 97-104).

Mutowali, I. (2020). Manajemen Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Klasikal Baca Simak Di Yayasan Hidayatul Mustafid Batam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Mulyadi, D. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfbeta

Nahrowi, N. (2017). Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Madrasah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 53-64.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Sutikno, M. S. (2009). Pengelolaan Pendidikan: Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect.

Wira, H. K. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahfiz Alqur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izuddin Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Fatah).

Downloads

Abstract Views : 867
Downloads Count: 369

Published

2022-09-24

How to Cite

Suhendra, S. (2022). Manajemen Pembelajaran menggunakan Metode Takmili untuk meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis dan Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1038–1045. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2813

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.