Manajemen Pembelajaran menggunakan Metode Takmili untuk meningkatkan Kemampuan Membaca, Menulis dan Menghafal Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2813Abstract
Latar belakangi penelitian ini adalah kurangnya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sehingga berdampak terhadap kualitas pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, masalah dan solusi metode takmili dalam pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Misbah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek perencanaan metode takmili di Madrasah Ibtidaiyah melibatkan berbagai pihak yakni yayasan, komite, kepala madrasah dan dewan guru yang meliputi penetapan tujuan, penentuan materi, kegiatan dan alat evaluasi yang akan digunakan. Pada aspek pelaksanaan metode takmili hafalan Al-Qur’an terdiri dari tiga kegiatan yakni pendahuluan, inti dan penutup. Pada aspek evaluasi hafalan Al-Qur’an ada dua jenis yaitu evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan setiap minggu, tengah semester, akhir semester dan akhir kelulusan. Masalah yang dihadapi dalam metode takmili adalah terdiri dari tingkat kematangan usia, perbedaan tingkat kemampuan dan kurangnya kemauan atau motivasi siswa untuk menghafal. Solusi dalam menghadapi masalahnya adalah meningkatkan kompetensi guru, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sesuai dengan usia dan karakter siswa sehingga anak fokus dan termotivasi serta tidak terpengaruh oleh lingkungan sekitar.
Keywords:
metode takmili, membaca, menulis, menghafal, Al-Qur’anDownloads
References
Anwar, S. (2017). Penyelenggaraan Pendidikan Takhfidzul Qur’an pada Anak Usia Sekolah Dasar di Pondok Pesantren Nurul Iman Kota Tasikmalaya. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. 15(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.171
Astuti, D. A., Haryanto, S., & Prihatni, Y. (2018). Evaluasi implementasi kurikulum 2013. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 7-14.
Fauziyah, N. (2013). Faktor penyebab kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas XI jurusan keagamaan di MAN Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 99-108.
Fitrianti, L. (2018). Prinsip kontinuitas dalam evaluasi proses pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 89-102.
Halim, A. (2020). Manajemen Pengelolaan Kelas Tahfid Terhadap Peningkatan Hafalan Qur'an. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 129-155.
Hisam, M. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di STIU Pondok Pesantren Tahfidz Wadi Mubarok, Megamendung, Bogor, Jawa Barat (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Ini, I. N., & Komariyah, L. (2021). Pengaruh Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Dan Revitalisasi Fungsi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Di Lima Sekolah Dasar Swasta Se-Kota Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 84-93.
Islamiah, F., Fridani, L., & Supena, A. (2019). Konsep pendidikan Hafidz Qur’an pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30.
Maemunah, M. (2021). Metode Muraja’ah Hafalan Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah At Tamimi. Jieco: Journal of Islamic Education Counseling, 1(2), 97-109.
Mahirah, B. (2017). Evaluasi belajar peserta didik (siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan. Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marwah, K. (2021). Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Smp Rahmat Islamiyah Medan (Doctoral dissertation, UMSU).
Muazir, M., Alim, A., & Al-Hamat, A. (2019). Penanaman Adab Penghafal Al-Quran Di Sekolah Dasar Islam. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 1, pp. 97-104).
Mutowali, I. (2020). Manajemen Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Klasikal Baca Simak Di Yayasan Hidayatul Mustafid Batam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Mulyadi, D. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfbeta
Nahrowi, N. (2017). Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Madrasah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 53-64.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.
Sutikno, M. S. (2009). Pengelolaan Pendidikan: Tinjauan Umum dan Konsep Islami. Bandung: Prospect.
Wira, H. K. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahfiz Alqur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izuddin Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Fatah).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Suhendra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work