Model Pembelajaran Teams Games Turnaments Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.2577Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk medeskripsikan penerapan model Teams Games Turnaments (TGT), 2) untuk meninggkatkan keatifan siswa melalui model Teams Games Turnaments (TGT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian siswa kelas IV SDN Karanggedang yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 6 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Penerapan mode TGT (Teams Games Turnaments) dengan tahapan 1) penyajian kelas (Class Presentations), 2) Belajar dalam kelompok (Teams), 3) Permainan (Games), 4) Pertandingan atau lomba (Tournaments), 5) Penghargaan kelompok (Team Recognition). Hasil observasi penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan Model TGT (Teams Games Turnaments) ini sangat cocok diterapkan di Sekolah Dasar karena pada siklus I memperoleh rata-rata 74,95% dan pada siklus II mendapatkan rata-rata 89,5%. Sehingga kesimpulannya dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,6% dengan demikian masuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hasil pengamatan siswa tentang keaktifan menggunakan model TGT (Teams Games Turnaments) pada siklus I mendapatkan rata-rata 62,7% dan pada siklus II mendapat rata-rata 82,2%. Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 19,8%. Hal tersebut menujukan bahwa model TGT (Teams Games Turnaments) cocok digunakan dalam meningkatkan keaktifan siswa
Keywords:
Keaktifan siswa, pembelajaran tematik, Teams Games TurnamensDownloads
References
Anggraini, L. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N 101887 Bangun Sari Tnajung Morawa TA 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Fittratun Nafisah, T., Shalahudin, S., & Siregar, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 146/Ix Desa Parit Kabupaten Muaro Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Hidayah, H. N. (2020). The Application of Cooperative Learning Model With Teams Games Tournament Type On the Seventh Grade Students In Social Arithmetic. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 65-73.
Hariyanti, D. (2019). Pengaruh pembelajaran integrative learning (IL) dan predict, discuss, explain, observe, discuss, explain (pdeode) terhadap pemahaman konsep (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Irviana, I (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Joernal of EST. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. (Volume. 2, Nomor. 1, Hal 56- 70).
Jalaludin, & Abdullah. (2016). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sholihah, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Dalam Tema" Panas dan Perubahannya" Bsgi Siswa Kelas V Mi Ma'arif Patihan Wetan Babadan Ponorogo Tahun 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Slavin, Robert E. (2016). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Mulyani, Dkk. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (tgt) untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38-45.
Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.
Rosdiani, D. (2018). Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK era 4.0. Deepublish.
Suyitno. 2018. Metode Penelitian Kualitatif Konsep, Prinsip dan Operasionalnya. Bandung: CV Pustaka Setia.
Thalita, Dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147-156.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rendi Khusnudin, Suyoto Suyoto, Titi Anjarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work