Media Grup Whatsapp Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2207Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan terhadap hasil belajar siswa, dan proses pembelajaran serta pengaruh penggunaan media grup Whatsapp terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif dengan model One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 4 Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu dengan jumlah sampel 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dari hasil pretest dan posttest. Instrumen penelitian menggunakan soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Soal tes untuk mengumpulkan data hasil belajar pada materi Bahasa Indonesia mengenai Tema 2 Subtema 2 Sistem Pernafasan pada Manusia. Untuk mengukur data hasil belajar menggunakan statistik inferensial berupa uji beda rata-rata (Paired Sampel T Test). Hasil penelitian terhadap data deskriptif N-gain menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dari uji perbedaan rata-rata diketahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran media grup whatsapp lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dengan demikian media grup Whatsapp memiliki pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.
Keywords:
Media grup Whatsapp, Pembelajaran jarak jauh, Hasil belajar, Pelajaran Bahasa IndonesiaDownloads
References
Hadya Jayani, D. (2019). Pengguna WhatsApp di Indonesia. Retrieved October 30, 2019, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/23/akses-dibatasi-berapapengguna-whatsapp-diindonesia
Hasanah, M. F. (2021). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group (WAG) Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 82-87.
Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi covid-19. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 1(3), 227-232.
Khasanah, K. (2021). Efektifitas Media Whatsapp Group Dalam Pembelajaran Daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 47-75.
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256.
Latip, A. (2020). Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.
Lestari, W., Arsil, A., & Noviyanti, S. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Vi Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Maulida, D., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring melalui Grup Whatsapp pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3334-3341.
Munir. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung. Alfabeta.
Nabilla, R. (2020). Whatsapp grup sebagai media komunikasi kuliah online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193-202.
Nashihah, D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2019). Klasifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 203-209.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019, March). Penggunaan aplen (aplikasi online) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. In seminar nasional pendidikan dasar (Vol. 1).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan kualitas pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 menggunakan media sosial grup whatsapp dan youtube. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 520-526.
Wijayanti, D. A. I., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA Di SD No. 1, 2, dan 3 Kaliuntu Gugus X Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
Yanti, L. (2020). Pengaruh penggunaan strategi Giving Question and Getting Answer pada pembelajaran daring biologi via whatsapp. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 101-108.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khoirunnisa, Khoimatun, Dede Hadiansah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work