Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin

Authors

  • Rizkiana Putri Universitas Muria Kudus
  • Murtono Universitas Muria Kudus
  • Himmatul Ulya Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Ipin dan Upin.  Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti meliputi teknik dokumentasi. Film animasi dapat digunakan sebagai media pendidikan yang bukan sekadar media pendidikan bagi anak-anak. Film animasi Ipin dan Upin menjadi salah satu animasi yang memberikan contoh pendidikan karakter yang patut untuk ditiru anak-anak maupun dewasa dalam bersikap. Pendidikan karakter adalah upaya berpikir dan berperilaku berdasarkan nilai-nilai kehidupan dan ditumbuhkembangkan dalam diri manusia untuk membentuk ciri khas individu yang menumbuhkan kepekaan dan tanggung jawab sosial, serta mewujudkan individu yang berkepribadian baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter pada film animasi Upin dan Ipin episode “Kedai Makan Upin dan Ipin” sebagai berikut: 1) religius, 2) Nasionalis, 3) Mandiri, 4) Gotong royong dan 5) Integritas. Dari kelima nilai karakter di atas dapat disimpulkan bahwa karakter religius merupakan karakter yang paling dominan dan mendasari kelima karakter tersebut di karenakan karakter religius merupakan unsur utama sekaligus unsur pembangun suatu nilai karakter. Dalam film animasi Upin dan Ipin ditampilkan bahwa setiap episode mengandung nilai karakter baik.

Keywords:

film animasi ipin dan upin, nilai pendidikan karakter

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Jumal. 2015. Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). UIN Syarif Hidayatullah.
Andy Wiyani, Novan, Konsep, Praktik dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Artha, W. I., & Supriyadi. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Psikologi Udayana, I(1), 190-202
Ashifana, Zuan. 2019. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi “Bilal: A New Breed Of Hero”. Universitas Islam Negeri Maulana Malik.
Ayman jamal Akmal Mundiri, Musdalifatul Makkiyah. KONSTRUKSI PENDIDIKAN MORAL DALAM FILM BILAL BIN RABAH A NEW BREED OF HERO. Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10. No. I 2019 P. ISSN: 20869118 E-ISSN: 2528-2476 31.
Cahyaningrum, E.S. 2017. Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Vol. 6, No. 2.
Dharma, K., dkk. (2011). Pendidikan Karakter : Kajian Teori dan Praktik disekolah. Bandung : Rosda Karya (eka Sapti Cahyaningrum)
Diah Novita Fardani, Yorita Febry Lismanda. NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI DALAM FILM “NUSSA. IAIN Surakarta, Universitas Islam Malang (UNISMA). Volume 1 Nomor 2 Tahun 2019 e-ISSN: 2685-161X
Dony Septyawan. ANALISIS FILM UPIN & IPIN DALAM PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL. Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas PGRI Semarang. Volume 1 Nomor 1, Edisi Juni 2018 Prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi ISSN 2620-6560 (print) ISSN 2620-746X (online) p:53-65 53
Endang Komara, 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, Volume 4(1), April 2018
Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Frimayanti, A.I. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8, No. 2
Herdiannanda, Dea. 2010. Pemanfaatan Audio Visual (Film Kartun) sebagai Media Bantu Siswa dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin di SMA Negeri 4 Sukarta. Universitas Sebelas Maret.
Hidayatulloh, M.A. 2017. Nilai-nilai Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Film Upin & Ipin . Jurnal ThufulA. Vol. 5, No. 1
Ike Junita Triwardhani. Komunikasi Persuasif pada Pendidikan Anak. MEDIATOR, Vol. 7 No.1 Juni 2006
Ivan Zhayoga, Diana Endah H Ikha Listyarini, 2020. Analisis Pengaruh Film Upin dan Ipin Terhadap Karakter Siswa. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Indonesian Values and Character Education Journal (IVCEJ), Vol 3 No 1, Tahun 2020 p-ISSN: 2615-4684 e-ISSN: 2615-6938
Kamalia, Iftakhul. 2017. Pesan Akhlak dalam Film Animasi “Nussa dan Rara” Di Youtube. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Maemunah, Hasan. 2010, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), cet II. Yogyakarta: Diva
Miranti, I. dkk. 2014. Evaluasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Frozen Produksi Walt Disney. DEIKSIS. Vol. 6, No. 2
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ngatman dan Fatimah, S. 2018. Analisis Film Kartun “Cloud Bread” Sebagai Media Pengenalan Kata Baku Dan Pendidikan Karakter Anak. DWIJA CENDEKIA:Jurnal Riset Pedagogik.. Vol. 2, No. 2
Octavian Muning Sayekti .Film Animasi “Nussa dan Rara Episode Baik Itu Mudah” sebagai Sarana Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Kolombo No 1, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia . Jurnal Pendidikan Anak, Volume 8 (2), 2019, 164-171
Payuyasa, I. 2020. Meningkatkan Mutu Pendidikan Karakter Melalui Film Sokola Rimba. Jurnal Penjaminan Mutu. Vol. 6, No. 2
Pratama, A.Y,. 2015. Animasi Indonesia Upin & Ipin . (diakses Jepara, 2 oktober 2020)
Ridwan, Muhammad Habib dan Alif Mudiono. 2017. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Blitar KSDP FIP UM.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santosa, A.D. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mebangun Kemandirian Disiplin Siswa Di MTs Kanigoro Kras Kab. Kediri. Didaktika Religia. Vol. 2, No. 1
Subadi, Imam. 2017. Pesan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dalam Serial Film Animasi Upin & Ipin Episode Iqro. eJurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 5 (2):81-95
Subur. 2017. Pendidikan Nilai: Telaah Tentang Model Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Vol. 12, No. 1
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukitman, T. 2016. Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 2
Syafitri, Y. 2011. Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. Jurnal Saintikom. Vol. 10, No. 3
Syafrudin, C., dkk. 2013. Pembuatan Film Animasi Pendek “Dahsyatnya Sedekah” Berbasis Multimedia Menggunakan Teknik 2d Hybrid Animation Dengan Pemanfaatan Graphic. Jurnal Sarjanan Teknik Informatika. Vol. 1, No. 1
Syarbini, Amirulloh. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta : As@-prima pustaka
Triyono, A., dkk. 2020. Studi Analisis Isis Pesan Dakwah Dalam Media Sosial Instagram @dakwah_tauhid. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 4, No. 1
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Ar-Ruzz Media.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam lembaga Pendidikan . Jakarta: Kencana

Downloads

Abstract Views : 5507
Downloads Count: 4007

Published

2021-09-15

How to Cite

Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. . (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.