Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua dan Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1374Abstract
Masyarakat merupakan kesatuan hidup sosial yang di dalamnya terdiri dari status-status ekonomi dan sosial tertentu. Status social dan ekonomi dengan seperangkat peranannya membentuk adanya penggolongan dalam kehidupan masyarakat yang diwujudkan ke dalam tingkatan atau pelapisan social. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak status ekonomi orang tua dan sosialisasi dalam keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bersifat penelitian sampel, yaitu penelitian yang menjadikan sebagian subyek penelitian untuk mewakili keseluruhan populasi. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak proporsional. Dalam menentukan jumlah anggota sampel dari masing-masing sekolah digunakan tehnik proporsional, sedangkan untuk menentukan anggota sampel dari tiap sekolah dipilih secara acak, maka jumlah anggota sampel ditentukan sebanyak 60 orang siswa. Hasil penelitian berupa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan sosialisasi dalam keluarga siswa terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA di Bekasi yang berarti Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Sosialisasi dalam Keluarga memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA di Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai Sig 0,019 kurang dari 0,005 dan thitung 2,2416 yang berarti Status Sosial Ekonomi Orang Tua memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa. (3).Terdapat pengaruh yang signifikan sosialisasi dalam keluarga siswa terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMP di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai Sig 0,013 kurang dari 0,005 dan thitung 2,569 yang berarti Sosialisasi dalam Keluarga memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa.
Keywords:
status ekonomi, sosialisasi, prestasi belajarDownloads
References
Karabel, Jerome and Halsey A.H. 1977. Power and Ideology in Education. New York: Oxford University Press.
Malo, Mannase. 1985. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Karunia Universitas Terbuka
Sudjana, Nana. 1990. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung
Sunarto, Kamanto. 1993. Pengantar Sosiologi. Jakarta: FEUI.
Soekamto Suryono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers
Vebrianto, St. 1984 Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.)
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work