Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua dan Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar

Authors

  • Sriyono Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
  • Ayu Megawati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1374

Abstract

Masyarakat merupakan kesatuan hidup sosial yang di dalamnya terdiri dari status-status ekonomi dan sosial tertentu. Status social dan ekonomi dengan seperangkat peranannya membentuk adanya penggolongan dalam kehidupan masyarakat yang diwujudkan ke dalam tingkatan atau pelapisan social. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidak status ekonomi orang tua dan sosialisasi dalam keluarga terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bersifat penelitian sampel, yaitu penelitian yang menjadikan sebagian subyek penelitian untuk mewakili keseluruhan populasi. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak proporsional. Dalam menentukan jumlah anggota sampel dari masing-masing sekolah digunakan tehnik proporsional, sedangkan untuk menentukan anggota sampel dari tiap sekolah dipilih secara acak, maka jumlah anggota sampel ditentukan sebanyak 60 orang siswa.  Hasil penelitian berupa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan sosialisasi dalam keluarga siswa terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA di Bekasi yang berarti Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Sosialisasi dalam Keluarga memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMA di Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai Sig 0,019 kurang dari 0,005 dan thitung 2,2416 yang berarti Status Sosial Ekonomi Orang Tua memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa. (3).Terdapat pengaruh yang signifikan sosialisasi dalam keluarga siswa terhadap prestasi belajar sosiologi siswa SMP di Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan diperoleh nilai Sig 0,013 kurang dari 0,005 dan thitung 2,569 yang berarti Sosialisasi dalam Keluarga memiliki pengaruh terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa.

Keywords:

status ekonomi, sosialisasi, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaludin, AAR., Hartuti, PM., Rahadyan, A. 2019. Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 10 (1), 68-75

Karabel, Jerome and Halsey A.H. 1977. Power and Ideology in Education. New York: Oxford University Press.

Malo, Mannase. 1985. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Karunia Universitas Terbuka

Sudjana, Nana. 1990. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung

Sunarto, Kamanto. 1993. Pengantar Sosiologi. Jakarta: FEUI.

Soekamto Suryono. 1990. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers

Vebrianto, St. 1984 Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.)

Downloads

Abstract Views : 464
Downloads Count: 453

Published

2021-08-20

How to Cite

Sriyono, S., & Megawati, A. . (2021). Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua dan Sosialisasi Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1154–1162. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1374

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.