Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem

Authors

  • Yudit Martalia Safitri Universitas Muria Kudus
  • Murtono Univeristas Muria Kudus
  • Mohammad Syafruddin Kuryanto Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1315

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model make a match dengan bantuan media kartu.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada Arikunto yang terdiri dari empat langkah yaitu 1) Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Desa Karang Bener yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui tes evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan pada akhir siklus, sedangkan teknik non tes yang digunakan antara lain: 1)observasi atau observasi meliputi lembar observasi keterampilan siswa. aspek sikap dan keterampilan, 2) wawancara yaitu wawancara terstruktur, 3) dokumentasi. Teknik pengecekan data yang digunakan adalah validitas isi Expert Judgment. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 52 dan pelajaran IPS dengan rata-rata 56,5. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat lagi pada pelajaran Bahasa Indonesia 82 dan pelajaran IPS sebesar 83. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Ekosistem di Desa Karang Bener.

Keywords:

hasil belajar siswa, media kartu, model make a match

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin Zainal. 2014. Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, teknik, prosedur). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arikunto Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Fatimah Iis Daniati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017.

Kanzunnudin mohammad.2017.Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi.Kudus: Magnum.

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Murtono. 2017. Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif (Student Center Leraning). Ponorogo : WADE Group.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Mengajar Cetakan Pertama. Bandung : Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Mengajar Cetakan Pertama. Bandung : Rosdakarya.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Downloads

Abstract Views : 737
Downloads Count: 397

Published

2021-08-08

How to Cite

Safitri, Y. M. ., Murtono, M., & Kuryanto, M. S. . (2021). Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1019–1025. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1315

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.