Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279Abstract
Esensi merdeka belajar adalah kebebasan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Kebebasan ini tidak dialami guru dan siswa selama ini karena guru lebih mengerjakan adminstrasi pendidikan dan pembelajaran. Guru juga kurang memahami konsep dan perannya dalam kebijakan merdeka belajar. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tentang konsep dan makna merdeka belajar, peran guru dalam merdeka belajar. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan. Analisis konten digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian ini adalah (1) merdeka belajar meliputi 4 kebijakan yaitu ujian sekolah berstandar nasional dilaksanakan oleh pihak sekolah, asesmen kecakapan minimum dan survei karakter, penyederhanaan RPP, sistem zonasi penerimaan siswa baru; (2) makna merdeka belajar meliputi merdeka berpikir, merdeka berinovasi, belajar mandiri dan kreatif, merdeka untuk kebahagiaan; (3) peran guru sangat bervariasi meliputi fasilitator pembelajaran merdeka belajar, guru inovatif dan kreatif, guru berkarakteristik sebagai guru, dan guru penggerak. Berdasarkan penjelasan tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman makna merdeka belajar dan peran guru dalam merdeka belajar membantu guru dan siswa lebih merdeka dalam berpikir, lebih inovatif dan kreatif, serta bahagia dalam kegiatan pembelajaran.
Keywords:
merdeka belajar, guru, belajar, peranDownloads
References
Affandi, L. H., Saputra, H. H., & Husniati. (2020). Apakah Tingkat Kebahagiaan Bisa Menjelaskan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar? Jurnal Progres Pendidikan, 1(3), 168–176.
Afghani, D. R., & Sutama. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(2), 70–75. https://doi.org/10.20961/joive.v3i3.43057
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Alizamar, A., Afdal, A., & Syahputra, Y. (2019). Exploration of Students’ Creativity Based on Demography. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(1), 50–65.
Alsubaie, M. A. (2016). Curriculum Development: Teacher Involvement in Curriculum Development. Journal of Education and Practice, 7(9), 106–107. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1095725.pdf
Bastaman, H. D. (2007). Logoterapi: Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Rajawali Press.
Chaeruman, U. A. (2018). Suatu Model Pendidikan Dengan Sistem Belajar Mandiri. Jurnal Teknodik, 21(3), 7–38. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i3.460
Dalyono, B. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Untuk Mencapai Kompetensi Pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru, 29–41(November), 32–41.
Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Adminstrasi Pendidikan, 9(1), 45–50.
Duckworth, A. L., & Seligman, M. E. P. (2006). Self-Discipline Gives Girls the Edge: Gender in Self-Discipline, Grades, and Achievement Test Scores. Journal of Educational Psychology, 98(1), 198–208. https://doi.org/10.1037/0022-0663.98.1.198
Fisher, M., King, J., & Tague, G. (2001). Development of A Self-Directed Learning Readiness Scale For Nursing Education. Nurse Education Today, 21(7), 516–525. https://doi.org/10.1054/nedt.2001.0589
Fuad, M. (2015). Psikologi Kebahagiaan Manusia. Jurnal Komunika, 9(1), 112–130. https://doi.org/10.24090/komunika.v9i1.834
Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia Itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265–276. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.265-276.2020
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar: Antara Retorika dan Aplikasi. Jurnal E-Tech, 8(1), 1–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/et.v8i1.107288
Hosseini, A. S. (2014). The Effect of Creativity Model for Creativity Development in Teachers. International Journal of Information and Education Technology, 4(2), 138–142. https://doi.org/10.7763/ijiet.2014.v4.385
Houtman. (2020). Merdeka Belajar Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 10 Januari 2020, 39–46.
Husein, M. Bin. (2020). Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar: Studi kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangwaru Yogyakarta. Jurnal Cahaya Pendidikan, 6(1), 56–67.
Jaghav, M. S., & Patankar, P. S. (2013). Role teachers In Curriculum Development For Tearcher Education. National Confecence on Challenges in Teacher Education, Physical Education and Sports, Department of Education and Physical Education Mahavir Mahavidyalaya, Kolhapur 2013, 1–9.
Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 23–35.
Kemdikbud. (2019). Merdeka Belajar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koesoema, D. A. (2020). Merdeka Belajar. KOMPAS, 25 Pebruari, 6.
Kogabayev, T., & Maziliauskas, A. (2017). The Definition and Classification of Innovation. HOLISTICA – Journal of Business and Public Administration, 8(1), 59–72. https://doi.org/10.1515/hjbpa-2017-0005
Kurniawan, N. A., Saputra, R., Aiman, U., Alfaiz, A., & Sari, D. K. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 104–109. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.576
Lao, H. A. E., & Hendrik, Y. Y. C. (2020). Implementasi Kebijakan Kemerdekaan Belajar Dalam Proses Pembelajaran Di Kampus IAKN Kupang-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 201–209.
Lie, A. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kebahagiaan. KOMPAS 1 Pebruari, 6.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Mykhailyshyn, H., Kondur, O., & Serman, L. (2018). Innovation of Education and Educational Innovations in Conditions of Modern Higher Education Institution. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 9–16. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.9-16
Nakano, T. D. C., & Weschsler, S. M. (2018). Creativity and Innovation : Skills For the 21 st Century. Estudos de Psicologia (Campinas), 35(3), 237–246. https://doi.org/10.1590/1982-02752018000300002
Narayanan, S. (2017). A Study on the Relationship Between Creativity and Innovation in Teaching and Learning Methods towards Students Academic Performance at Private Higher Education Institution, Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(14), 1–10. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i14/3647
Oishi, I. R. V. (2020). Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik di Perguruan Tinggi. IKRA-ITH Humaniora, 4(2), 50–55. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/555/407/
Pendi, Y. O. (2020). Merdeka Belajar Yang Tercermin Dalam Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 01 Sedayu. Seminar Nasional Pendidikan, 291–299. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7743
Priatma, J. E. (2020). Merdeka Berpikir. KOMPAS 6 Pebruari, 6.
Priyanti, R. (2020). Pembelajaran Inovatif abad 21. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 482–505.
Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–36.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.
Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 184–192. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.275
Ruhaliah, Sudaryat, Y., Isnendes, R., & Hendrayana, D. (2020). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran “Merdeka Belajar” Bagi Guru Bahasa Sunda Di Kota Sukabumi. Dimasatra: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 42–55. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra/article/view/30157
Rusdiana, H. A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Setiawan, W., Suud, F. M., Chaer, M. T., & Rahmatullah, A. S. (2018). Pendidikan Kebahagiaan dalam Revolusi Industri 4. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1), 101–120. https://doi.org/https://doi.org/10.53627/jam.v5i1.3403
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. UrbanGreen Proceeding: Konferensi Nasional Pendidikan I, 1, 183–190. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/33
Sisodia, M. (2019). Happiness Curriculum. New Delhi: State Council of Educational Research and Training.
Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Suyanto. (2020). Implikasi Kebijakan Merdeka Belajar. KOMPAS, 08 Pebruasi, 6. https://suyanto.id/implikasi-kebijakan-merdeka-belajar/
Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64.
Wagiran. (2007). Inovasi Pembelajaran Dalam Penyiapan Tenaga Kerja Masa Depan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 16(1), 41–54. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jptk.v16i1.9312
Wibowo, I. S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121
Yoga, M. (2020). Merdeka Belajar, Belajar Merdeka. Pikiran Rakyat, 14 Maret, 14. http://disdikkbb.org/news/merdeka-belajar-belajar-merdeka/
Zaltman, G., & Duncan, R. (1977). Strategy of Planed Change. New York: Willey-Interscience Publications John Willey & Sons.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work