Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.9097Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematis penting untuk dimiliki oleh siswa, dengan memahami konsep siswa bisa menerima materi atau pelajaran berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada soal cerita aljabar. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 2 Telukjambe Timur, yang dilakukan pada hari kamis, 6 Desember 2023. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Data yang diambil mengginakan instrumen tes dengan materi aljabar. Berdasarkan analisis data diperoleh terdapat 7 siswa dengan kategori sangat rendah, 1 siswa dengan kategori rendah, dan 2 siswa dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata dari keseluruhan nilai siswa adalah 41,5 yang menunjukan bahwa siswa kelas VII-E SMPN 2 Telukjambe Timur memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kategori rendah.
Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis; , Soal Cerita; , AljabarDownloads
References
Atika, V. T., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2015). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Authentic Task (PTK pada Siswa Kelas VIII H Semester Genap SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dwi Budiarti, C., Purwanto, S. E., & Hendriana, B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran M-Apos Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15–22.
Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1).
Kesumawati, O. N. (n.d.). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika.
Khasanah, U., Prodi Pendidikan Matematika, M., & Prodi Pendidikan Matematika, D. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS.
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi Steam Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 41. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Seminar, P., Penelitian, N., & Pengabdian, D. (2021). Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19.
Setiani, N., Roza, Y., & Studi Magister Pendidikan Matematika, P. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematis Materi Peluang Pada Siswa SMP. 06(02), 2286–2297.
Semester Genap SMP Negeri 3 Kartasura Tahun.
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.