Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang Ditinjau dari Kecemasan Matematika (Math-Anxiety) dalam Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP)

Penulis

  • Tafrikhatul Faudiyah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan
  • Heny Ekawati Haryono Universitas Islam Darul Ulum
  • Arezqi Tunggal Asmana Universitas Islam Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15270

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa terutama pada soal materi peluang ditinjau dari tingkat kecemasan matematika (math-anxiety) dalam pembelajaran missouri mathematics project (MMP). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Subjek yang diambil pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas X-TKJ SMK Darul Ma’wa Plandirejo yang dipilih dengan teknik purpose sampling berdasarkan hasil angket kecemasan matematika (math-anxiety). Data diperoleh melalui angket kecemasan matematika (math-anxiety), tes kemampuan pemahaman konsep matematis materi peluang, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan metode analisis Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kecemasan matematika (math-anxiety) tingkat tinggi memenuhi 3 dari 5 indikator pada pemahaman konsep matematis, siswa dengan kecemasan matematika (math-anxiety) tingkat sedang memenuhi 4 dari 5 indikator pada pemahaman konsep matematis, dan siswa dengan kecemasan matematika (math-anxiety) tingkat rendah mampu memenuhi seluruh dari 5 indikator pada pemahaman konsep matematis. Temuan ini menujukkan kecemasan matematika berpengaruh terhadap ketercapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga penting bagi guru untuk menggunakan pembelajaran menyenangkan tanpa mengurangi nilai keseriusan dalam pembelajaran.

Kata Kunci:

Kemampuan pemahaman konsep matematis, Peluang, Math-Anxiety, Missouri mathematics project

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini, R., Utami, C., & Wahyuni, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Segitiga. Journal of Educational Review and Research, 3(1), 65. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2065

Arifuddin, A. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis Ditinjau dari Learning Style Inventory. 08(July), 1532–1543. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3215

Asmana, A. T., & Nugroho, A. N. (2023). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Melalui Project Based Learning Berdasarkan Adversity Quotient. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 14–22. https://doi.org/10.52166/wp.v5i1.4405

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Ervinasari, B., & Astuti, A. (2023). Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Research, 4(4), 1958–1967. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.634

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Haryono, H. E., & Aini, K. N. (2021). Diagnosis misconceptions of junior high school in Lamongan on the heat concept using the three-tier test. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012002

Ismail, H. S., & Zulkarnaen, R. (2023). Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kecemasan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1857–1862. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6122

Jehadus, E., Sugiarti, L., & Jelimun, Ya. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1457–1468. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i1.1955

Latip, A., Turmudi, & Yulianti, K. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep ditinjau Berdasarkan Kecemasan Matematika. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 59–68. http://dx.doi.org/10.17509/xxxx.xxx

Nailopo, E., Fitriani, F., & Simarmata, J. E. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Peluang Ditinjau Dari Teori Apos Pada Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Eduscience, 9(1), 168–181. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2587

Nurmala, E. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Aspek Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar (Vol. 9).

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). In Factsheets: Vol. I. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 57–62.

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan Pustaka Systematik: Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239–256. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.870

Yanti, A. W., Kusumawardani, A. D. P., Rohmah, F. M., & Kulsum, U. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kilpatrick. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 7(1), 30–49. https://doi.org/10.30651/must.v7i1.10938

Unduhan

Abstract Views : 17
Downloads Count: 15

Diterbitkan

2025-08-13

Cara Mengutip

Faudiyah, T., Haryono, H. E., & Asmana, A. T. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Peluang Ditinjau dari Kecemasan Matematika (Math-Anxiety) dalam Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Didactical Mathematics, 7(2), 427–437. https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.15270

Terbitan

Bagian

Articles